Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Akan Kunjungi Korban Gempa dan Tsunami di Palu

Kompas.com - 30/09/2018, 08:47 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

PALU, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Kota Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa bermagnitudo 7,4 yang menghantam daerah tersebut pada Jumat (28/9/2018).

"Rencana Pak Presiden akan melakukan kunjungan di Palu hari ini, tapi kami belum tahu persis pukul berapa tibanya di sini," tutur Humas dan Antarmedia Basarnas Pusat, Yusuf di Kantor Basarnas Sulteng di Palu, Minggu (30/9/2018).

Baca juga: BERITA FOTO: Begini Kerusakan akibat Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala Terlihat dari Ketinggian

Rencana kedatangan Presiden Jokowi di Palu, lanjut dia, telah dikoordinasikan dengan pihak Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) serta Pemerintah Provinsi Sulteng untuk mempersiapkannya.

"Untuk posko utama Basarnas ditempatkan di Kantor Basarnas Palu, dan posko utama BPBD di Kantor Gubernur Sulteng. Rencananya, Pak Presiden akan pimpin apel besar di kantor gubernur," kata Yusuf.

Dia juga menyampaikan, selain rencana Presiden Joko Widodo, juga saat ini beberapa pejabat telah tiba ke Palu seperti Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI Jend TNI Hadi Thahjanto, Kepala Basarnas Pusat Marsda M Syaugi, serta pejabat pusat lain yang disambut oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk memastikan seluruh kegiatan penanganan bencana gempa di daerah itu berjalan dengan baik.

Baca juga: Warga Jarah SPBU di Palu

Sementara itu, lanjut dia, jumlah personel Basarnas yang bertugas menangani bencana di daerah ini berjumlah 100 orang dan masih akan bertambah.

"Sampai besok masih ada personel Basarnas dari daerah lain dalam perjalanan ke Palu untuk memberikan bantuan kemanusiaan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com