Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Dampak Gempa dan Tsunami Palu dari Atas

Kompas.com - 30/09/2018, 07:00 WIB
Heru Margianto

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang pesisi barat leher Pulau Sulawesi, Jumat (28/9/2018). Episentrumnya terletak di darat dengan kedalaman 10 km.

Baca juga: Apa itu Sesar Palu Koro yang Menyebabkan Tsunami dan Gempa Bumi?

Kota Palu yang terletak di bibir pantai luluh lantak dihantam tsunami yang menyusul datang beberapa saat setelah gempa terjadi.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Nasional, hingga Sabtu (29/9/2018) malam, korban tewas di Palu mencapai 420 jiwa. 

Baca juga: Korban Jiwa di Gempa dan Tsunami Palu Bertambah Jadi 420 Orang

Itu baru Kota Palu. Belum terhitung korban di Kabulaten Donggala dan Sigi.

Berikut sejumlah foto yang menggambarkan kondisi kota Palu pasca-gempa dan tsunami yang didapat Kompas.com, Sabtu, dari pasukan Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin yang melintas di atas Kota Palu dengan pesawat CN 235. 

1. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning di Kota Palu hancur pasca-gempa dan tsunami, Jumat (28/9/2018).SKADRON 5 LANUD HASANUDDIN Jembatan Kuning di Kota Palu hancur pasca-gempa dan tsunami, Jumat (28/9/2018).

2. Masjid Apung

Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung yang terletak di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah.GOOGLE STREET VIEW Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung yang terletak di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah.

Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung di Pantai Talise,  Palu, Sulawesi Tengah, dilihat dari atas melalui Google Earth.GOOGLE EARTH Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, dilihat dari atas melalui Google Earth.

Kondisi Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami.SKADRON 5 LANUD HASANUDDIN Kondisi Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami.

3. Foto-foto lain

Sebuah kapal terlihat teronggok di daratan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami yang terjadi Juma (28/9/2018). SKADRON 5 LANUD HASANUDDIN Sebuah kapal terlihat teronggok di daratan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami yang terjadi Juma (28/9/2018).

Kondisi pelabuhan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami yang terjadi Jumat (29/9/2018).SKADRON 5 LANUD HASANUDDIN Kondisi pelabuhan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pasca-gempa dan tsunami yang terjadi Jumat (29/9/2018).

Sebagian wilayah pantai yang dihantam tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).SKADRON 5 LANUD HASANUDDIN Sebagian wilayah pantai yang dihantam tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com