Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Makassar Kirim 50 Personel ke Sulawesi Tengah

Kompas.com - 29/09/2018, 14:24 WIB
Hendra Cipto,
Ervan Hardoko

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Basarnas Makassar mengirim 50 orang personelnya yang tersebar di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Mereka dikirim untuk membantu upaya pencarian korban akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo dan tsunami yang menghantam kedua kota tersebut.

Juru bicara Basarnas Makassar, Hamsidar dalam keterangan persnya, Sabtu (29/9/2018) mengatakan, personel yang dikirim masih dalam perjalanan menuju Kota Palu dan Donggala.

Baca juga: PLN Kerahkan Tim Perbaiki Gardu Induk yang Terdampak Gempa Palu

“Personel yang diberangkatkan, ada yang lewat jalur darat dan ada lewat jalur udara. Personel yang menempuh jalur darat sudah berangkat sejak tadi (Jumat) malam. Sedangkan personel yang berangkat lewat udara menumpang pesawat CN-295 milik TNI AU sudah berangkat Sabtu siang,” katanya.

Hamsidar merinci, personel yang diberangkatkan lima orang dari Pos SAR Mamuju, 10 orang dari Basarnas Makassar, 15 orang dari Potensi SAR Mamuju, ddan 20 orang dari Potensi SAR Makassar.

“Pengiriman personel SAR akan terus dilakukan ke Sulawesi Selatan, jika dibutuhkan,” tambahnya.

Menurut data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah korban tewas gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah ini sudah mencapai 384 orang.

Baca juga: BNPB: Palu dan Donggala Daerah Rawan Gempa dan Tsunami

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com