Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Tsunami, Warga Buol Mengungsi ke Kantor Bupati

Kompas.com - 29/09/2018, 11:31 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Editor

GORONTALO, KOMPAS.com - Isu tsunami akibat gempa di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018), memancing warga Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, untuk mengungsi di kantor bupati setempat.

Seorang warga Buol, Rama Aitam, Sabtu (29/9/2018), mengatakan bahwa sekitar pukul 19.30 Wita kemarin, warga Buol mendengar kabar tentang tsunami yang terjadi di Toli-toli.

"Isu tsunami sampai ke telinga warga Buol, makanya kami beramai-ramai mengungsi di kantor bupati yang berada di ketinggian," ujar Rama seperti dikutip Antara, Sabtu.

Puncak pengungsian warga terjadi sekitar pukul 21.30 Wita atau 3,5 jam setelah gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Donggala, sekitar 300 km dari Buol.

Rama menyebutkan, sekitar pukul 23.30 Wita, air laut sempat surut menyebabkan warga semakin panik akan terjadinya tsunami.

"Banyak warga yang mengungsi, bahkan seorang ibu hamil yang baru melahirkan juga ikut diungsikan di kawasan kantor bupati," katanya.

Menurut Rama, warga yang mengungsi sebagian besar dari pusat perekonomian setempat.

Antara melaporkan, pada Sabtu pukul 05.00 Wita, warga mulai kembali dari pengungsian setelah yakin gempa dan tsunami tidak akan terjadi.

Sampah kemasan air mineral memenuhi halaman dan jalanan menuju kantor bupati tersebut.

Rangkaian gempa yang terjadi sejak Jumat kemarin telah mengakibatkan kerusakan bangunan di daerah terdampak gempa, antara lain Donggala dan Palu. Gempa itu juga memicu terjadinya tsunami di kedua daerah tersebut.

Kerusakan akibat gempa itu mengakibatkan jalur transportasi dan komunikasi di tempat tersebut terputus.

KOMPAS.com Rentetan Gempa Sulawesi Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com