Beredar Video Tsunami di Palu, Ini Kata BMKG

Kompas.com - 28/09/2018, 20:59 WIB
Donggala, Sulawesi Tengah, sempat dilanda gempa bermagnitudo 7,7 pada Jumat, (28/9/2018)BMKG Donggala, Sulawesi Tengah, sempat dilanda gempa bermagnitudo 7,7 pada Jumat, (28/9/2018)

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 7,7 yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) malam juga menyebabkan tsunami.

Menurut data Badan Meteologi, Klimatologi, dan Geofisika, tsunami itu terjadi setidaknya di tiga wilayah, yaitu Palu, Donggala, dan Mamuju.

Di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp juga beredar video mengenai peristiwa tsunami. Sejumlah pesan itu menyebut bahwa gelombang tsunami itu terjadi di Palu, tepatnya di depan X8 Palu Grand Mall.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono pun mengaku sudah melihat video tersebut. Rahmat menyatakan tidak tahu persis di mana dan kapan video itu diambil.


Namun, Rahmat menyatakan bahwa Palu memang sempat dilanda tsunami. Namun, menurut Rahmat, tsunami itu telah berlalu dan belum ada potensi untuk kembali.

"Tsunami memang terjadi. BMKG sudah memberikan warning, dan itu telah berakhir berakhir,. tidak ada lagi. Daerah pantai Palu sudah dinyatakan aman," kata Rahmat dalam wawancara dengan Kompas TV, Jumat malam.

Menurut Rahmat, BMKG telah memberikan peringatan dini tsunami. Bahkan, BMKG juga menyebut Palu dalam keadaan siaga. Dengan status ini, berarti ketinggian diperkirakan 0,5 hingga 3 meter.

Akan tetapi, Rahmat menjelaskan bahwa berdasarkan video itu, BMKG memperkirakan tsunami setinggi 1,5 meter hingga 2 meter.

"Kami belum data konkret, tapi ketinggian antara 1,5 meter sampai 2 meter," ucapnya.

...

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X