Kisah Surono yang Grogi Antar Jokowi Naik Andong

Kompas.com - 28/09/2018, 08:18 WIB
Surono saat mengantar Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyusuri Jalan Malioboro menuju Istana Negara Gedung AgungKOMPAS.com / Wijaya Kusuma Surono saat mengantar Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyusuri Jalan Malioboro menuju Istana Negara Gedung Agung

YOGYAKARTA,KOMPAS.comSurono (43) tak menyangka andongnya akan dinaiki oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Pria yang sudah sekitar delapan tahun berprofesi sebagai kusir andong ini mengantar Jokowi dan Iriana menyusuri Jalan Malioboro menuju Istana Negara Gedung Agung.

"Ya kaget dan tidak menyangka, Pak Jokowi naik andong saya ini," ujar Surono (43), Kamis (27/9/2018)

Surono berkisah, awalnya ia sedang menunggu penumpang di sebelah utara Jalan Malioboro. Tiba-tiba ada rombongan mobil berhenti di depan Hotel Inna Garuda yang ternyata Presiden Joko Widodo.


"Saya kan (menunggu penumpang) di paling ujung, tahu-tahu Pak Jokowi turun dari mobil langsung jalan ke sini. Naik ke andong saya, meminta diantar ke Gedung Agung," ucapnya.

Baca juga: Di Yogyakarta, Jokowi dan Iriana Pilih Naik Andong ke Gedung Agung

Surono mengaku sangat hati-hati saat membawa andong melintasi Jalan Malioboro. Andong hanya berjalan pelan-pelan karena banyak warga dan wisatawan yang berkerumun.

Bahkan, banyak pula yang meminta berfoto dengan Presiden Joko Widodo maupun Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Saya agak grogi karena mengantarkan Presiden. Pak Jokowi sering ke sini, tapi naik andong saya, ya baru pertama ini," urainya.

Surono menyampaikan sempat berfoto dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat tiba di Istana Negara Gedung Agung. Selain itu, ia juga mendapat pesan dari Jokowi.

"Pas turun di Gedung Agung tadi sempat foto bersama, tadi dipesan agar menjaga kebersihan. Dikasih (uang), tapi belum tahu berapa, belum saya lihat," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana tiba di Yogyakarta pada Kamis (27/9/2018) malam.

Presiden bersama Ibu Negara menyempatkan diri menyambangi Jalan Malioboro, Yogyakarta, dan naik andong menuju Istana Negara Gedung Agung. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X