Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye di Kantor Muhammadiyah Jatim, Sandi Disawer Rp 7 Juta

Kompas.com - 27/09/2018, 18:55 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Cawapres Sandiaga Salahudin Uno menghadiri kampanye terbatas di gedung pengurus Muhammadiyah Jawa Timur di Surabaya, Kamis (27/9/2018) sore.

Dalam kesempatan itu, ratusan peserta dialog yang sebagian besar pengurus dan kader Muhammadiyah menggelar "saweran" untuk dana kampanye Pilpres pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Uang yang terkumpul lewat kopyah yang dikelilingkan itu mencapai lebih dari Rp 7 juta. Sandi mengaku kaget setelah diberi uang saweran tersebut.

"Terus terang saya syok, ini baru pertama kali ada saweran untuk kampanye kami," kata Sandi.

Baca juga: Survei LSI: Pendukung Gerindra Paling Militan Dukung Prabowo-Sandi, Demokrat di Posisi Buncit

Sesuai aturan yang berlaku, dana sumbangan untuk kampanye tersebut akan dilaporkan kepada KPU dan akan dimasukkan dalam rekening kampanye.

Satu sisi dia juga bangga karena menurutnya kesadaran politik bangsa Indonesia sudah mulai tumbuh.

"Jika sebelumnya pemilih harus diberi uang untuk memilih, sekarang dengan sadar, pemilih justru menyumbangkan hartanya untuk calon. Ini bagus sekali," ujarnya.

Selain menghadiri kampanye di kantor Muhammadiyah Jawa Timur, Sandi yang didampingi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, juga menghadiri acara bersama emak-emak di Surabaya.

Mereka menghadiri forum rakor partai pendukung, dan dijadwalkan akan mengunjungi Pasar Tradisional Wonokromo di Surabaya malam nanti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com