144,25 Hektar Lahan Terbakar, 32 Tersangka Ditangkap

Kompas.com - 25/09/2018, 20:55 WIB
Kebakaran lahan seluas 5 hektar di pekanbaru pada awal Mei 2018. KOMPAS.com/Citra IndrianiKebakaran lahan seluas 5 hektar di pekanbaru pada awal Mei 2018.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sejak Januari-September 2018, Polda Riau menyegel 144,25 hektar kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) di sejumlah wilayah di Riau.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, polisi menangkap 32 tersangka atas kasus karhutla tersebut.

"Sementara 12 orang sudah diserahkan ke kejaksaan. Kemudian 20 tersangka lagi masih menjalani pemberkasan penyidik," ungkap Sunarto, Selasa (25/9/2018).

Sunarto menjelaskan, para tersangka yang ditangkap berasal dari perorangan dan didominasi petani. 

Baca juga: Atasi Kebakaran Lahan di Pontianak, BNPB Kerahkan 10 Helikopter Water Bombing

Sebagian besar kasus karhutla, sambung Sunarto, terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan luas 1.980 hektare.

Polres Rohil sendiri menerima enam laporan polisi dan berhasil menangkap sembilan orang tersangka.

Kemudian, kasus karhutla terbesar juga terdapat di wilayah Dumai dan berhasil menangkap enam tersangka.

"Sedangkan untuk wilayah Pelalawan dan Bengkalis dua tersangka. Indragiri Hilir (Inhil), Siak dan Kampar masing-masing satu tersangka," ucapnya.

"Total lahan yang disegel jajaran Polres seluas sekitar 144,25 hektar. Hingga saat ini kepolisian masih melakukan penyidikan terhadap 17 kasus karhutla di Riau.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa (25/9/2018) mendeteksi 12 titik panas (hotspot) di Riau.

Baca juga: 700 KK di Kediri Alami Krisis Air Bersih akibat Kebakaran Hutan

"Sebarannya, 5 titik di Kabupaten Pelalawan, 3 titik di Kepulauan Meranti, 3 titik di Siak dan 1 titik di Indragiri Hulu (Inhu)," ucap Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto dalam keterangan tertulisnya. 

Dia menambahkan, cuaca di Riau saat ini pagi hari cerah berawan. Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil, Dumai, Kampar, dan Inhil.

Kemudian cuaca pada siang hari, cerah berawan dan potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rohil, Rohul, Dumai, Kuansing, Kampar, Pelalawan, Inhu, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

Untuk cuaca malam harinya masih cerah berawan. Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuansing dan, Bengkalis, tutup Bibin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X