Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emil Dardak: Ini Fakta Obyektif tentang Jokowi

Kompas.com - 25/09/2018, 10:25 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak tidak terlalu mempermasalahkan apakah namanya dimasukkan dalam tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin atau tidak.

Bagi dirinya, yang penting selaku kepala daerah di Jawa Timur, dia mengapresiasi kinerja Jokowi-JK selama 5 tahun memimpin.

"Ini fakta obyektif yang harus disampaikan kepada masyarakat, dan masyarakat harus tahu," katanya di Surabaya, Senin (24/9/2018).

Beberapa hal yang diapresiasi Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih ini antara lain, Jokowi-JK mampu memangkas rantai birokrasi yang dianggap menghambat dan merugikan.

"Dalam konteks regional, Jokowi-JK mampu menata wilayah perairan selatan Jawa dan Bali sebagai wilayah tol laut," jelasnya.

Baca juga: Masuk Tim Sukses Jokowi-Ma’ruf Amin, Ini Komentar Emil Dardak

Jika masyarakat memahami keberhasilan Jokowi dalam memimpin 5 tahun terakhir, kata dia, tidak sulit untuk mengarahkan masyarakat memilih Jokowi kembali di Pilpres 2019.

"Menurut saya ini lebih efektif daripada saya harus mengerahkan masyarakat untuk memilih Jokowi-Ma'ruf Amin," terangnya.

Nama suami artis Arumi Bachsin itu sebelumnya dimasukkan dalam jajaran dewan pengarah tim kampanye daerah Jawa Timur pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin bersama Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa.

Namun, belakangan keduanya menarik diri dan memilih bergabung dengan kelompok Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN).

Jaringan ini berisi kelompok kiai dan santri eks pendukung Khofifah-Emil di Pilkada Jawa Timur.

Kompas TV Paslon Khofifah – Emil memperoleh suara 53,55 persen sedangkan paslon Gus Ipul – Puti mengantongi 46,45 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com