Pemkab Pastikan Peternakan Ayam Hentikan Pembangunan di Geopark 

Kompas.com - 25/09/2018, 09:09 WIB
Bupati Gunungkidul Badingah (Jilbab) Memastikan Peternakan Ayam PT WMU di Semanu, Gunungkidul, sudah menghentikan Pembangunan Bangunan  Kompas.com/Markus YuwonoBupati Gunungkidul Badingah (Jilbab) Memastikan Peternakan Ayam PT WMU di Semanu, Gunungkidul, sudah menghentikan Pembangunan Bangunan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta menyatakan, peternakan PT Widodo Makmur Unggas (WMU) sudah menghentikan aktivitas pembangunan sarana dan prasarananya sebelum diberikan surat peringatan.

Penghentian ini sambil menunggu proses perizinan yang dilakukan.

"Sebenarnya tanggal 18 September kemarin kami melakukan pemanggilan PT WMU dan mereka sudah berinisiatif menghentikan sementara aktivitas pembangunan sebelum kami menyerahkan surat peringatan kedua," kata Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajat Ruswandono di Pemda Gunungkidul, Senin (24/9/2018) petang.

Pemerintah daerah mengambil sikap tegas ini karena melihat polemik yang semakin meluas.

Selain itu, PT WMU yang berlokasi di Dusun Tonggor, Desa Pacarejo, Semanu akan segera memperbaiki dokumen Amdal yang saat ini sedang dilakukan penelitian.

"Mereka juga berjanji untuk memperbaiki dokumen Amdal dan mengurus perizinan secara paralel," ucapnya.

Baca juga: Polemik Peternakan di Geopark, Pecinta Lingkungan akan Surati Presiden

Drajat memastikan, di jajarannya tidak ada yang 'bermain' mengenai penerbitan perizinan yang saat ini tengah dilakukan.

"Saya sudah memanggil semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berkaitan dengan masalah ini dan mereka saya mintai keterangan satu persatu, tidak ada yang bermain, kalau ada saya yang akan eksekusi langsung," tandasnya.

Pihaknya akan melakukan pemantauan langsung dengan memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk melihat langsung di lokasi untuk memastikan penghentian aktvitas pembangunan.

PT WMU juga akan membongkar bangunan seperti sumur yang selama ini menjadi sorotan akan dijadikan pembuangan limbah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X