Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak di Desa Ini Deklarasi Tak Merokok Sebelum Usia 18 Tahun

Kompas.com - 24/09/2018, 16:28 WIB
Dani Julius Zebua,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.comAnak-anak warga Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen tidak merokok hingga menginjak usia dewasa.

Mereka juga meminta orang-orang dewasa di desa ini tidak memberi contoh merokok di depan anak-anak.

Orang dewasa pun tidak mengizinkan anak merokok, dan tidak memerintahkan anak-anak merokok.

Mereka mengungkap harapan itu lewat deklarasi sekaligus menandatangani Pakta Integritas bersama.

Baca juga: Anak 2,5 Tahun di Sukabumi Mulai Hentikan Kebiasaan Merokok karena Takut

Kepala Desa Banjaroyo, Anton Supriyono mengatakan, komitmen ini bagian dari semangat mewujudkan desa mereka sebagai desa layak anak.

"Anak menginginkan lingkungan yang bersih, yakni orangtuanya tidak merokok," kata Anton saat dihubungi, Senin (24/9/2018).

Banjaroyo merupakan salah satu desa di lereng Bukit Menoreh. Desa ini terdiri dari 19 pedukuhan yang berjauhan satu sama lain.

Desa ini dihuni 9.818 jiwa, di mana sepertiganya adalah anak-anak dengan umur kurang dari 18 tahun.

Seperti halnya desa-desa lain, anak-anak Banjaroyo memiliki berbagai tantangan. Mulai dari pernikahan di usia anak, klitih, perkelahian antar pelajar, sempitnya ruang bermain anak, hingga lunturnya permainan atau dolanan tradisional anak.

Pemerintah desa kemudian menginisiasi munculnya Gugus Tugas Desa Layak Anak Banjaroyo dan Forum Anak Banjaroyo untuk menghadapi tantangan yang ada.

Baca juga: Obama Pernah Diusir dari Disneyland Gara-gara Ketahuan Merokok

 

Keduanya berkolaborasi membuat program maupun mengkampanyekan pentingnya perhatian pada dunia anak untuk mewujudkan Desa Banjaroyo menuju Desa Layak Anak.

"Ke depan, kalangan anak akan terlibat dalam Musrenbang desa, mereka ingin apa untuk bisa terus tumbuh berkembang dengan baik," kata Anton.

Salah satu keinginan anak-anak itu, sambung Anton, adalah pakta integritas yang meminta orang dewasa di desa untuk berkomitmen menghindarkan rokok bagi anak-anak.

Pakta integritas ini wujud kegelisahan anak-anak terhadap semakin mudanya usia para perokok, termasuk di kalangan pelajar semua tingkat.

Komitmen ini merupakan salah satu upaya melindungi anak. Hingga nanti dewasa, mereka dapat memilih sendiri jalan yang akan diambil, sesuai kesadaran yang telah diupayakan dibagun sejak dini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com