Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Desa di Karimun Temukan Tengkorak Kepala Manusia

Kompas.com - 23/09/2018, 20:47 WIB
Hadi Maulana,
Krisiandi

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Warga Desa Lubuk, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menemukan tengkorak kepala manusia di bibir pantai Desa Lubuk, sekitar pukul 08.00 WIB, Sabtu (22/9/2018) pagi.

Tengkorak tersebut ditemukan warga bernama Muhammad Hadi.

Kapolsek Kundur Kompol Wisnu Edhi Sadono yang dihubungi membenarkan atas penemuan tersebut. Menurut Wisnu, tengkorak kepala tersebut sudah dimakamkan dengan layak.

"Dari hasil pemeriksaan dokter yang ada di Puskesmas Tanjung Batu, Kundur. Tengkorak kepala tersebut merupakan tengkorak kepala manusia dewasa," kata Wisnu, Minggu (23/9/2018).

Wisnu menjelaskan penemuan berawal saat Hadi akan mengecek perahunya yang ditambatkan di pantai Desa Lubuk.

Saat itu, kondisi air sedang surut. Awalnya Hadi sama sekali tidak mengira kalau benda oval berwarna coklat tersebut merupakan tengkorak kepala. Hadi pun tidak mempedulikannya.

Namun kakinya tanpa sengaja menyenggol benda tersebut. Saat itulah dirinya kaget, ternyata benda oval kecoklatan itu tengkorak kepala manusia dewasa.

"Saat itulah dirinya memberitahukan ke warga lainnya hingga dilakukan pengecekan oleh pihak puskesmas yang didampingi personil Babinkamtibmas dari Polsek Kundur," jelas Wisnu.

Usai pemeriksaan, lanjut Wisnu, tengkorak kepala tersebut langsung diserahkan ke imam mushola terdekat untuk dimakamkan secara layak.

Baca juga: Gali Tanah untuk Bikin Sumur, Seorang Warga Gorontalo Temukan Tengkorak Manusia

"Dugaan kami tengkorak kepala tersebut sudah lama meninggal dunia. Sebab tengkorak tersebut sudah ditempeli teritip atau hewan laut," ujarnya.

Meski sudah dimakamkan, namun tidak menutup kemungkinan untuk proses penyidikan tulang tengkorak tersebut bisa saja digali kembali.

"Pengakuan dari warga setempat tidak ada warga mereka yang hilang, dugaan kami tengkorak tersebut terbawa arus air laut hingga terdampar di bibir pantai tersebut," terangnya.

Kompas TV Petugas Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, menggagalkan upaya penyelundupan 24 tengkorak dari Bali menuju Belanda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com