Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Mundurnya Alex Noerdin, Menunggu Sesneg hingga Jadi Timses Jokowi

Kompas.com - 22/09/2018, 11:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alex Noerdin mengundurkan diri dari jabatan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Hadi Prabowo pun ditunjuk Mendagri, Tjahjo Kumolo, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah Gubernur Sumatera Selatan.

Alex Noerdin mundur karena menjadi calon legislatif 2019 utuk daerah pemilihan 2 Sumatera Selatan.

Sementara itu, Erick Tohir menunjuk Alex menjadi Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf di wilayah Sumatera Selatan.

Berikut fakta terkait pengunduran diri Alex Noerdin.

1. Maju caleg 2019, Alex Noerdin mundur dari Gubernur Sumatera Selatan

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ketika mengunjungi stand UMKM Babuju Mandiri di Sumsel Expo Jakabaring, Palembang, Kamis (23/8/2018).KOMPAS.com/ Aji YK Putra Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ketika mengunjungi stand UMKM Babuju Mandiri di Sumsel Expo Jakabaring, Palembang, Kamis (23/8/2018).

Salah satu alasan mundurnya Alex Noerdin dari jabatan Gubernur Sumatera Selatan adalah pemilihan legislatif 2019. Alex mencalonkan dirinya untuk mewakili dapil 2 Sumatera Selatan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Griya Agung, Palembang, Jumat (21/9/2018), langsung melantik Prabowo untuk menjadi Pj Gubernur Sumsel menggantikan Alex Noerdin.

Menurut Tjahjo, sebagai Pj Gubernur Sumsel, Hadi bertugas membahas visi misi calon Gubernur terpilih dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel sehingga bisa bersinergi dengan program pemerintah pusat.

“Kami harap berjalan sesuai dengan harapan,” katanya.

Baca Juga: Alex Noerdin Mundur, Hadi Prabowo Jadi PJ Gubernur Sumsel

2. Menunggu Sesneg untuk melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menghadiri pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang hasil PAW di gedung DPRD Kota Malang, Senin (10/9/2018)KOMPAS.com/ANDI HARTIK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menghadiri pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang hasil PAW di gedung DPRD Kota Malang, Senin (10/9/2018)

Menurut Tjahjo, belum dilantiknya Herman Deru dan Mawardi Yahya sebagai Gubernur Sumsel terpilih lantaran saat ini masih dalam persiapan oleh Sekretaris Negara (Sesneg).

“Kami inginnya pelantikan Gubernur terpilih secepatnya, namun sampai sekarang masih dipersiapkan oleh Sesneg. Jadi harus di isi ole Pj terlebih dahulu,” kata Tjahjo.

Baca Juga: Alex Noerdin Ditunjuk sebagai Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf di Sumsel

3. Tugas Heru Prabowo

Gubernur Sumatera Selatan Alex NoerdinKOMPAS.com/ Aji YK Putra Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin

Hadi Prabowo mengatakan, tugasnya selama mengisi kekosongan kepala daerah untuk melanjutkan tata kelola transisi antara pemerintahan Alex Noerdin dan Gubernur terpilih Herman Deru.

Hadi juga memiliki kewajiban untuk menyelesaikan RPJMD yang disusun disusun 2013-2018 sekaligus mempersiapkan RPJMD 2018-2023 sehingga gubernur terpilih Herman Deru sudah dapat menuangkan visi–misi mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com