Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin Jatim Buka Rekening Dana Kampanye

Kompas.com - 20/09/2018, 20:08 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim kampanye daerah Jawa Timur pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin membuka rekening dana kampanye, Kamis (20/9/2018). Rekening tersebut disimpan di Bank BRI cabang Kaliasin, Surabaya.

Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Irjen (Purn) Machfud Arifin, berharap, dari rekening Bank BRI nomor 009601004022302 atas nama Tim Kampanye Provinsi Jokowi Maruf Amin Jawa Timur itu akan terkumpul dana dari sumber yang jelas dan halal.

"Kita ingin sumber dananya jelas dan halal, biar nanti jalannya berkah," kata mantan kapolda Jawa Timur itu.

Sesuai pedoman tim kampanye, kata Machfud, rekening kampanye tidak boleh ada donasi dari pihak-pihak yang tidak mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dia juga akan menegakkan prinsip transparansi dan akuntabel dalam pengelolaan dana kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur.

"Dana kampanye juga akan diaudit oleh auditor independen dan akan dilaporkan kepada penyelenggara pemilu sekaligus kepada masyarakat umum," jelasnya.

Baca juga: Mantan Kapolda Pimpin Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin di Jatim

Dia tidak menarget berapa dana partisipasi publik akan terkumpul. Dia hanya yakin, kultur masyarakat Jawa Timur yang gemar bergotong-royong akan beramai-ramai membantu kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur.

KPU pusat pada Kamis sore tadi menetapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres resmi yang akan bertarung di Pilpres 2019 mendatang.

Penetapan pasangan capres dan cawapres tersebut setelah KPU menyatakan syarat administrasi pasangan tersebut dipenuhi. Hal yang sama juga dilakukan KPU kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Kepala Daerah yang Masuk Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Jawa Timur

Pada Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diusung koalisi 9 partai yakni PDI-P, PKB, Golkar, Perindo, NasDem, Hanura, PKPI, PSI, dan PPP. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diusung Partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com