Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Pembongkaran Bangunan untuk Akses ke Rumah Eko

Kompas.com - 20/09/2018, 18:58 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Eko Purnomo terusir dari rumahnya yang berlokasi di RT 05, RW 06, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, lantaran akses jalan terhimpit tembok tetangganya.

Eko pun kemudian mencari keadilan lantaran di denah sertifikat yang dimilikinya terdapat jalan yang menurut Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah fasilitas Umum (fasum), yakni sebuah gang jalan yang bisa digunakan Eko sebagai akses menuju rumahnya. Namun apa daya, jalan yang ada pada denah itu kini sudah tertutup bangunan rumah tetangganya.

Proses mediasi pun dilakukan pihak Kecamatan Ujung Berung untuk mencari solusi terkait akses jalan untuk Eko.

Sejumlah pihak dihadirkan dalam mediasi itu, baik Eko, makelar tanah Sadli, dan tetangga-tetangga di sekitar rumah eko beserta perwakilan dari BPN, Dinas Tata Ruang, hingga aparatur kewilayahan lainnya.

Setelah beberapa kali mediasi, akhirnya Rabu (19/9/2018) dicapai kesepakatan bahwa Eko akan dibuatkan jalan alternatif.

Baca juga: Begini Kata Tetangga Eko yang Hibahkan Tanahnya untuk Akses Jalan

Jalan tersebut merupakan hibah dari salah satu tetangga yang diketahui keluarga almarhum Imas, pemilik rumah tepat di belakang rumah Eko.

Setelah disepakati bersama, pembongkaran pembuatan jalan dengan lebar satu meter dan panjang enam meter itu pun dilakukan Kamis (20/92018) sekitar pukul 09.00 WIB tadi pagi.

Adapun pembiayaan pembuatan jalan ini, menurut Camat Ujung Berung Taufik, dilakukan secara swadaya.

Baca juga: Pembongkaran Jalan Akses Menuju Rumah Eko Dikerjakan Hari Ini (3)

Lalu bagaimana kondisi pembongkaran itu terjadi, berikut foto-fotonya:

Tembok rumah tetangganya tampak berdiri tepat di depan rumah Eko Purnomo di RT 05 Rw 06 Kelurahan Pasir jati, Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Tetangga Eko sengaja membuat pintu untuk Eko Pribadi bukan untuk kepentingan komersil Eko.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Tembok rumah tetangganya tampak berdiri tepat di depan rumah Eko Purnomo di RT 05 Rw 06 Kelurahan Pasir jati, Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Tetangga Eko sengaja membuat pintu untuk Eko Pribadi bukan untuk kepentingan komersil Eko.

terlihat di depan celah kecil antar rumah warga ini adalah rumah kediaman Eko Purnomo yang terhimpit tembok tetangganya. Setelah dilakukan oembongkaran sesuai ukuran yang disepakati, nantinya Eko dapat masuk ke rumahnya melalui jalan ini.KOMPAS.com/AGIEPERMADI terlihat di depan celah kecil antar rumah warga ini adalah rumah kediaman Eko Purnomo yang terhimpit tembok tetangganya. Setelah dilakukan oembongkaran sesuai ukuran yang disepakati, nantinya Eko dapat masuk ke rumahnya melalui jalan ini.

Tampak dalam ruangan rumah Eko Purnomo yang kini sudah kosong tak terisi. Ruangan di rumah Eko sebagian besar minim cahaya lantaran terhalang tembok tetangganya. Kini Eko akan memiliki akses jalan masuk setelah tetangganya menghibahkan tanah dengan lebas satu meter dan panjang enam meter. KOMPAS.com/AGIEPERMADI Tampak dalam ruangan rumah Eko Purnomo yang kini sudah kosong tak terisi. Ruangan di rumah Eko sebagian besar minim cahaya lantaran terhalang tembok tetangganya. Kini Eko akan memiliki akses jalan masuk setelah tetangganya menghibahkan tanah dengan lebas satu meter dan panjang enam meter.

Tampak tembok rumah keluarga Imas tengah dijebol warga yang sedang membantu pembongkaran pembuatan jalan akses masuk ke Rumah Eko Purnomo di Rt05 RW 06, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Sekitar satu meter lebar dan panjang enam meter tanah dihibahkan keluarga Imas untuk jalan.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Tampak tembok rumah keluarga Imas tengah dijebol warga yang sedang membantu pembongkaran pembuatan jalan akses masuk ke Rumah Eko Purnomo di Rt05 RW 06, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Sekitar satu meter lebar dan panjang enam meter tanah dihibahkan keluarga Imas untuk jalan.

Tembok rumah keluarga Imas terlihat sudah rusak dijebol pekerja yang saat ini tengah membuat jalan untuk akses keluar masuk ke rumah Eko Purnomo di  RT 05 Rw 06 Kelurahan Pasir jati, Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Tembok rumah keluarga Imas terlihat sudah rusak dijebol pekerja yang saat ini tengah membuat jalan untuk akses keluar masuk ke rumah Eko Purnomo di RT 05 Rw 06 Kelurahan Pasir jati, Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com