CPNS 2018, Malang Raya Membutuhkan Banyak Guru

Kompas.com - 20/09/2018, 14:51 WIB
Pengumuman resmi terkait total formasi CPNS 2018 dari Kemenpan RB. Kemenpan RBPengumuman resmi terkait total formasi CPNS 2018 dari Kemenpan RB.

MALANG, KOMPAS.com - Posisi guru paling banyak dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2018 di Malang Raya.

Dari tiga daerah yang ada di Malang Raya, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, formasi paling banyak dibutuhkan adalah guru.

Di Kabupaten Malang, melalui Surat Keputusan Bupati Malang nomor 810/3820/KEP/35.07.201/2018 tentang penetapan kebutuhan PNS di lingkungan Kabupaten Malang, jabatan fungsional guru berada di urutan pertama dengan jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 635 dari 830 total alokasi formasi yang tersedia.

Sisanya adalah formasi untuk jabatan fungsional kesehatan sebanyak 150, jabatan fungsional lainnya sebanyak 23 dan jabatan pelaksana sebanyak 22 formasi.

"Karena memang jumlah guru dan tenaga kesehatan di Kabupaten Malang masih sangat kurang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah kepada Kompas.com melalui pesan tertulis, Kamis (20/9/2018).

Dikatakannya, alokasi formasi guru yang diperuntukkan bagi eks pegawai honorer K2 sebanyak 135 orang, peraih lulusan terbaik atau cum laude sebanyak 12 orang, penyandang disabilitas sebanyak tujuh orang dan sebanyak 481 dibuka untuk umum.

Baca juga: Pemprov Jatim Buka Formasi CPNS untuk 103 Lulusan Cumlaude, Ini Syaratnya

Nantinya, para guru tersebut akan disebar di sejumlah daerah di Kabupaten Malang. Rata - rata, sekolah yang paling banyak membutuhkan guru adalah sekolah dasar (SD), yakni untuk guru kelas dan guru agama.

"Yang paling dibutuhkan guru kelas di SD dengan mata pelajaran sebagaimana formasi penerimaan CPNS tadi," katanya.

Sedangkan, dengan jumlah total alokasi formasi sebanyak 830, Kabupaten Malang menjadi daerah paling banyak di Jawa Timur yang membuka pendaftaran untuk CPNS 2018.

"Iya, 830 CPNS terbanyak di Jawa Timur," katanya.

Sementara untuk Kota Malang, jumlah formasi yang dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2018 sebanyak 282 orang. Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman Wali Kota Malang nomor 4 tahun 2018 tentang kebutuhan CPNS 2018 di lingkungan Kota Malang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X