Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Saber Pungli Periksa Pejabat Dinas Pendidikan Aceh Utara

Kompas.com - 19/09/2018, 15:43 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Aceh memeriksa sejumlah pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, Selasa (18/8/2018) malam.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, sejumlah pejabat yang diperiksa yakni seorang kepala bagian berinisial Hus dan kepala seksi berinisial He di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara.

Pemeriksaan diduga terkait pemotongan dana Bantuan Operasi Penyelenggaraan (BOP) bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Aceh Utara.

Hingga pukul 22.00 WIB, tim yang terdiri dari unsur Polda Aceh dan Kejaksaan Tinggi Aceh, masih mendalami pemeriksaan di dinas tersebut.

Belum ada pernyataan resmi dari tim terkait status mereka yang diperiksa dan kronologis yang disebut-sebut sebagai operasi tangkap tangan itu.

Ketua Saber Pungli Provinsi Aceh, Kombes Pol Erwin Faisal, dihubungi via layanan aplikasi Whatssapp, membenarkan pemeriksaan itu. Namun untuk detailnya, sambung Erwin akan dipaparkan di sekretariat Saber Pungli di Banda Aceh.

Baca juga: Oknum Tata Usaha SD di Jayapura Terjaring OTT Tim Saber Pungli

Kepala Seksi Penerangan Hukum, Kejati Aceh, Munawwal Hadi, membenarkan pemeriksaan itu.

“Namun detailnya saya tidak tahu. Karena kan jaksa bagian dari tim, mungkin nanti akan dipaparkan oleh tim Saber Punglinya langsung,” terangnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara Saifullah, hingga berita ini dikirimkan belum terkonfirmasi. Pesan singkat yang dikirimkan belum dijawab. 

Bupati Aceh Utara, Muhamamad Thaib, menyebutkan baru mendengar informasi tentang operasi tangkap tangan itu.

“Saya baru tahu. Tunggu saja hasil pemeriksaan, baru ada keputusan di bupati soal sanksi dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Kompas TV Pelaku tertangkap saat melakukan pungutan liar Proyek Layanan Khusus Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com