Kisah Penyelamatan Beruang Madu dari Jeratan di Kebun Warga

Kompas.com - 18/09/2018, 15:32 WIB
Habitat Beruang Madu kian terdesak, memaksa mereka perlahan menjadi hewan nokturnal nationalgeographic.comHabitat Beruang Madu kian terdesak, memaksa mereka perlahan menjadi hewan nokturnal

PEKANBARU, KOMPAS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyelamatkan seekor beruang madu yang terjerat di kebun warga di Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Satwa dengan nama latin helarctos malayanus tersebut, terjerat di dekat Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono menyampaikan, penyelamatan beruang madu dilakukan pada Minggu (16/9/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

" Beruang madu ditemukan terjerat di kebun warga. Setelah dilakukan penyelamatan, beruang dilepaskan kembali ke habitatnya," ucap Suharyono pada wartawan, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Berkenalan dengan Juliet, Bayi Beruang Madu yang Lahir di Serulingmas Banjarnegara

Dia menjelaskan, awalnya Petugas Pendamping Resort Duri, Bengkalis, menerima laporan dari masyarakat pada Sabtu (15/9/2018), ada seekor beruang madu yang terjerat di kebun warga.

Untuk memastikan informasi tersebut, petugas mendatangi lokasi kejadian pada malam harinya.

"Setibanya di ladang (kebun) warga, petugas melihat beruang dalam kondisi terjerat pada kaki bagian kiri belakang," kata Suharyono.

Beruang tersebut, sambung dia, terlihat berupaya melepaskan diri dari jeratan. Hal itu terlihat dari bekas cakaran pada kayu dan tanah.

Tak lama setelah itu, petugas melihat seekor beruang madu lainnya yang ada di dekat beruang yang terjerat.

"Beruang yang terjerat ini masih remaja. Di samping itu ada seekor beruang madu yang terlihat petugas. Ukurannya lebih besar, diperkirakan induk dari beruang yang terjerat tersebut," tutur Suharyono.

Karena sudah malam dan demi keamanan, evakuasi beruang madu dilakukan keesokan harinya. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X