Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Bocornya Pipa Gas Chevron, Semburan Api hingga Kelalaian Operator

Kompas.com - 18/09/2018, 13:16 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga di sekitar jalan lintas Duri-Pekanbaru, Desa Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau, dikagetkan dengan kebocoran gas milik PT Chevron Pasific Indonesia (CPI).

Akibat kebocoran tersebut, polisi memblokir jalan untuk mencegah jatuhnya korban. Api yang berasal dari kebocoran gas menyembur setinggi tiga meter. Setelah itu, seorang tersangka telah diamankan polisi untuk dimintai keterangan.

Berikut fakta terkait peristiwa yang terjadi pada hari Minggu (16/9/2018) ini yang dirangkum KOMPAS.com:

 

1. Pipa bocor selebar 10 inci

Ilustrasi pipa gas diPLTGUdok PGN Ilustrasi pipa gas diPLTGU

Pjs Manager Corporate Communication PT CPI, Villya Rompis, mengatakan, telah terjadi ada kebocoran pipa gas di jalur lintas Duri-Pekanbaru. Pihak PT CPI segera melakukan upaya pemadaman dan melokalisasi kebocoran agar tidak merembet ke permukiman.

"Kejadiannya sekitar pukul 17.40 WIB. Pipas gas yang bocor berukuran 10 inci," ucap Villya.

Tim tanggap darurat dari PT CPI langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penanganan, termasuk mengirimkan truk pemadam kebakaran dan berupaya mematikan aliran gas.

"Fokus kami saat ini adalah menangani kejadian di lapangan, agar meminimalisasi dampak terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar," tegasnya.

Baca juga: Polisi Periksa 6 Saksi Terkait Bocornya Pipa Gas PGN

 

2. Semburan api yang terekam oleh warga

Ilustrasi media sosialTHINKSTOCKS/IPOPBA Ilustrasi media sosial

Peristiwa kebocoran pipa gas PT CPI sempat direkam oleh warga dan beredar di media sosial. Kebocoran gas disebutkan menyebabkan semburan api dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Semburan mengarah ke badan jalan dan tidak jauh dari permukiman warga. Pada saat kejadian, jalanan sudah sepi dari pengendara yang melintas karena pihak kepolisian sudah menutup jalur tersebut.

Untuk sementara, pengendara diarahkan ke jalur alternatif.

"Untuk situasi keamanan sudah kami tangani. Keran gas sudah ditutup dengan cara diisolasi, kasi tinggal menunggu sisa gas habis," kata Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto.

Baca juga: Pipa Gas Chevron di Bengkalis Riau Bocor hingga Semburkan Api

 

3. Penjelasan PT CPI terkait penyebab kebocoran

Pembangunan jaringan gas bumi PGN untuk memperluas jangkauan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia Pembangunan jaringan gas bumi PGN untuk memperluas jangkauan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia

Setelah dilakukan penyelidikan dari internal PT CPI, penyebab kebocoran gas diketahui karena kelalaian operator alat berat excavator berinisial JPT (23) saat menggali parit di sekitar pipa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com