Setelah Ditangkap, Buaya Ini Jadi Ajang "Selfie" Warga

Kompas.com - 18/09/2018, 09:00 WIB
Buaya ditangkap setelah diburu 4 jam oleh BKSDA dibantu pawang di Sungai Tubo, Majene, Sulawesi Barat.KOMPAS.com/ JUNAEDI Buaya ditangkap setelah diburu 4 jam oleh BKSDA dibantu pawang di Sungai Tubo, Majene, Sulawesi Barat.

MAJENE, KOMPAS.com – Petugas Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Barat dibantu seorang pawang buaya memburu buaya di sepanjang muara Sungai Tubo, Kecamatan Sendana, Majene, Sulawesi Barat, Senin malam (17/9/108).

Satu dari sekian kawanan buaya ini ditangkap karena dianggap meresahkan warga.

Penangkapan buaya di muara Sungai Tubo oleh petugas BKSDA dan warga memerlukan 4 jam lebih. Mereka menangkap buaya dengan alat seadanya.

“Buaya ini ditangkap karena kemunculannya di sepanjang muara Sungai Tubo meresahkan warga,” jelas Kepala Resort BKSDA Sulawesi Barat, Ardi.


Setelah ditangkap, buaya ini lalu diikat seluruh badannya. Buaya yang tak berdaya ini kemudian menjadi ajang selfie warga.

Baca juga: Warga Serahkan Kakatua, Buaya, dan Kura-kura ke BBKSDA

Perburuan buaya penghuni Sungai Tubo mengundang kritik aktivis lingkungan di Sulawesi Barat. Menurut mereka, buaya sebagai salah satu mata rantai dalam ekosistem sungai harus dipertahankan.

Dengan mengganggu dan memusnahkan salah satu mata rantai dalam ekosistem akan mengacaukan seluruh ekosistem. 

Baca juga: Warga Temukan Potongan Tubuh Pemuda yang Diduga Dimangsa Buaya

Rencananya petugas BKSDA akan melepas buaya ini ke tempat penangkaran di Palopo, Sulawesi Selatan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X