Dandim : Saya Minta Prajurit di Wilayah Banjir Bantu Evakuasi...

Kompas.com - 16/09/2018, 18:41 WIB
Dandim 0201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di lokasi banjir Kota Medan, Minggu (16/9/2018)KOMPAS.com/Mei Leandha Dandim 0201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di lokasi banjir Kota Medan, Minggu (16/9/2018)

MEDAN, KOMPAS.com - Banjir yang melanda hampir seluruh Kota Medan akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu (15/9/2018) petang hingga Minggu (16/9/2018) pagi, membuat banyak pihak turut membantu.

Pasalnya, masih banyak warga yang mengungsi dan bertahan di posko-posko yang dibuka untuk menjadi hunian sementara.

Komandan Kodim (Dandim) 0201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah terjun langsung ke lokasi banjir di Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun dan Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru.


Dia memasuki kawasan banjir dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Didampingi personel Kodim 0201/BS dan Koramil 05/Medan Baru, mereka berkomuniasi dengan warga yang rumahnya terendam akibat luapan air Sungai Deli dan Babura.

"Saya minta prajurit yang berada di wilayah banjir untuk ikut membantu proses evakuasi warga bersama BPBD Medan. Pekerjaan kemanusiaan harus dilakukan optimal untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa," kata Yuda, Minggu (16/9/2018).

Baca juga: Banjir di Mana-mana, Wali Kota Medan Minta Maaf
 
Di Kecamatan Medan Baru, Yuda bertemu Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Medan Baru merupakan satu dari tiga kecamatan yang berada di wilayah Koramil 05/Medan Baru. Di sini, tinggi air hampir mencapai atap rumah, begitu juga di Kecamatan Medan Maimun dan Kecamatan Medan Polonia.

"Proses evakuasi warga dari lokasi banjir masih terus dilakukan prajurit, BPBD Kota Medan dan warga sekitar," ujar Yuda lagi.

Dorong Angkot

Tidak hanya Sungai Babura dan Deli, hujan deras dan banjir kiriman pun memicu meluapnya Sungai Sikambing. Salah satu kawasan terparah akibat luapan Sungai Sikambing adalah Jalan dr Mansur Medan.

Sampai Minggu (16/9) pukul 13.30 WIB, sepanjang jalan ini, mulai pintu satu Universitas Sumatera Utara (USU) sampai jembatan depan PPIA English Course masih tergenang air setinggi 50-an centimeter.

Dzulmi Eldin, Yuda Rismansyah dan Kapolretabes Medan Kombes Dadang Hartanto usai meninjau lokasi banjir di Jalan Luku Gang Bersama, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor langsung bergerak menuju Jalan dr Mansur.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X