Mahasiswa Didorong Manfaatkan Open Source Agar Jadi Teknopreneur

Kompas.com - 16/09/2018, 16:59 WIB
CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang  di Kota Malang, Kamis (22/3/2018) KOMPAS.com / Andi HartikCEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang di Kota Malang, Kamis (22/3/2018)

SEMARANG, KOMPAS.com – Sejumlah mahasiswa di perguruan tinggi di Kota Semarang, Jawa Tengah mulai diajari untuk memanfaatkan open source untuk menjadi seorang teknopreuner.

Perkembangan teknologi yang sedemikian rupa harus dimanfaatkan untuk membentuk pengusaha sebanyak-banyaknya.

CEO Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang membagikan pengalaman memanfaatkan open source untuk modal keperluan bisnis, Sabtu (15/9/2018).

Bagi mahasiswa, pemanfaatan open source penting untuk menciptakan perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi dan dan e-commerce.

“Riset-riset soal open source di perguruan tinggi masih sangat kurang, padahal potensinya besar. Makanya, kita masuk dan melakukan edukasi kepada mahasiswa di 5 kampus di Semarang,” kata Julyanto.

Sejumlah kampus mulai diajari menguasai open source, mulai dari Politeknik Negeri Semarang, Universitas Katholik Soegijapranata, Universitas Semarang, Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang.

Baca juga: Kampanye Open Source ke Kampus untuk Genjot Tenaga Ahli TI

Open source dinilai salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi teknopreneur.

July mengatakan, dunia usaha akan ikut menyukseskan program 1.000 Teknopreneur hingga tahun 2020, salah satunya melalui pemanfaatan open source. Para mahasiswa diajari mengelola bisnis menggunakan open source

"Open source menjadi salah satu solusi IT untuk bisnis dengan sistem operasi database,” ujarnya.

Dikatakannya, open source perlu dimanfaatkan agar mahasiswa mampu mengembangkan diri dan membangun kreativitas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X