Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Hingga 3 Meter, Nelayan di Polewali Mandar Dilarang Melaut

Kompas.com - 15/09/2018, 11:51 WIB
Junaedi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengeluarkan surat edaran berisi himbuan atau larangan kepada para nelayan terutama kapal-kapal bertonase kecil untuk tidak melaut selama beberapa pekan ke depan.

Ini lantaran angin kencang disertai gelombang tinggi mencapai 3 meter. Gelombang tinggi tersebut dinilai sangat membahayakan aktivitas melaut, terutama kapal nelayan kecil.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Barat memprediksi cuaca ekstrim dan gelombang tinggi akan terjadi di perairan Sulawesi Barat selama beberapa hari ke depan.

Merespon prediksi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat langsung mengeluarkan surat edaran berisi imbauan per tanggal13 September 2018 agar nelayan tetap berhati-hati saat melaut, sebab hal tersebut bisa mengancam keselamatan jiwa para nelayan.

Sejak pemerintah mengeluarkan himbuan untuk tidak melaut karena cuaca dan gelombang yang tidak bersahabat, beberapa perahu nelayan tampak hanya ditambatkan para nelayan di sepanjang pantai Polewali. Sebagian lagi kapal bertonase kecil diangkat nelayan ke daratan untuk menghidari hempasan ombak.

Kepala Seksi Pencegahan BPDB Polewali Mandar, Andi Muhammad Yusuf menyebutkan iimbauan untuk tidak melaut terutama kapal-kapal nelayan kecil yang rawan dihantam gelombang, diperkirakan berlangsung hingga Oktober 2018 mendatang. Imbauan ini telah disosialisasikan ke tingkat kecamatan, desa hingga nelayan setempat.

“Imbauan peringatan bahaya melaut ini sudah kita sosialisasikan ke tingkat Camat, Desa, dan nelayan untuk menghindari segala risiko atau bahaya saat melaut,” jelas Andi Yusuf.

Meski cuaca sedang buruk, namun ada pula beberapa nelayan yang nekat pergi melaut. Akibat cuaca buruk, hasil tangkapan nelayan tidak maksimal dan tak jarang mereka pulang tanpa membawa hasil. BPBD mengimbau kepada nelayan jika ingin melaut agar menunggu hingga cuaca kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com