Raih Perak dan Perunggu, Arpan Dapat Uang "Kadeudeuh" Rp 75 Juta - Kompas.com

Raih Perak dan Perunggu, Arpan Dapat Uang "Kadeudeuh" Rp 75 Juta

Kompas.com - 14/09/2018, 22:18 WIB
Pemkab Karawang memberikan uang kadeudeuh Rp 75 juta kepada atlet dayung peraih perak dan perunggu di perayaan HUT Karawang ke-385, Jumat (14/9/2018). KOMPAS.com/Farida Farhan Pemkab Karawang memberikan uang kadeudeuh Rp 75 juta kepada atlet dayung peraih perak dan perunggu di perayaan HUT Karawang ke-385, Jumat (14/9/2018).

KARAWANG, KOMPAS.com-Pada perayaan HUT Karawang ke-385, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang memberikan uang kadeudeuh kepada Arpan

Atlet dayung asal Karawang itu meraih medali perak dan perunggu di Asian Games 2018.

Arpan mendapat uang kadeudeuh sebesar Rp 50 juta untuk medali perak yang ia raih dan Rp 25 juta untuk perunggu. Sehingga, total kadeudeuh itu Rp 75 juta.

"Uang ini akan saya tabung, untuk kebutuhan saya dan keluarga," ujar Arpan usai pemberian kadeudeuh di sela perayaan HUT Karawang ke-385, Jumat (14/9/2018).

Arpan mengaku sempat ditawari menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ingin menjadi atlet dayung sekaligus PNS.

Baca juga: Atlet Dayung Peraih Perak Asal Karawang Dapat Uang Kadeudeuh Rp 50 Juta

Arpan bersama timnya berhasil meraih medali perunggu jarak 500 meter 10 pendayung dan medali perak di jarak 1.000 meter 10 pendayung cabang Traditional Boat Race (TBR) putra.

Saat itu, ia harus bersaing dengan lawan-lawan terberat seperti dari China Filipina, Thailand, Mnyanmar, Korea, dan India.

"Sejak awal kami optimistis menang. Targetnya mendapat emas, tapi ternyata finish kedua. Kami tetap bersyukur, meskipun tidak bisa membawa pulang (medali) emas," tambah putra pasangan Jumli dan Waliy itu.

Kemenangan tersebut memerlukan kerja keras dan perjalanan yang panjang. Latihan dilakukan sejak dua tahun lalu di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Arpan yang mempersunting gadis Purwakarta dan tinggal di Gang Pasantren, Kampung Pasawahan RT 005 RW 003, Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta itu menggeluti olahraga dayung sejak 10 tahun lalu.

Kecintaannya kepada olahraga tersebutlah yang membuat semangatnya menjadi atlet terus menyala.

Lulusan SMA Negeri 1 Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara itu mengungkapkan, kemenangan tersebut ia persembahkan sebagai kado HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan HUT Karawang ke-385.

"Terutama buat negara Indonesia ini. Yang kedua pastinya buat Kabupaten Karawang yang telah mendukung setiap latihan sampai masuk timnas (tim nasional)," tambah pria kelahiran 8 Juli 1991 itu.

Baca juga: Cerita Ujang Hasbulloh, Putra Petani Peraih Emas Asian Games dari Cabor Dayung

Arpan menyebut, kemenangan ini bukan untuk pertama kalinya. Sebab, ia juga pernah memperoleh medali emas pada ajang Sea Games 2015 di Singapura.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Arpan pada gelaran olahraga bergengsi di Asia itu.

"Kami bangga dan berterima kasih dengan perjuangan Arpan. Juga atlet-atlet lain yang telah berjuang pada ajang Asian Games 2018 kemarin," ujar Cellica.

Cellica berharap, keberhasilan yang diraih Arpan menjadi motivasi bagi atlet-atlet lain untuk mengukir semangat dan prestasi.

Kompas TV Mendukung pagelaran Asian Games yang tengah berlangsung di Jakarta dan Palembang, warga Sukoharjo, Jawa Tengah menggelar lomba dayung.



Close Ads X