Fakta Baru Kongres Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik, Dukungan Anies hingga Risma Terpilih Jadi Presiden - Kompas.com

Fakta Baru Kongres Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik, Dukungan Anies hingga Risma Terpilih Jadi Presiden

Kompas.com - 14/09/2018, 20:45 WIB
Wali Kota Surabaya Tri RismahariniPemkot Surabaya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

KOMPAS.com - Risma menjadi kandidat terkuat menjabat Presiden United Cities Local Governments Asia-Pacific (UCLG-ASPAC). Dan dia akhirnya terpilih tanpa voting pada Jumat (14/9/2018).

Presiden UCLG-ASPAC sebelumnya, Won Hee-ryong, sempat menyebutkan nama Risma sebagai salah satu calon terkuat menggantikan dirinya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat menyatakan dukungannya kepada Risma berdasarkan perkembangan pesat Surabaya selama dipimpin olehnya.

Selain itu, Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC yang digelar di Surabaya juga membahas tentang pembangunan dan inovasi kota dan daerah di wilayah Asia Pasifik.

Berikut fakta-fakta terkait kongres di Surabaya tersebut:

 

1. Risma adalah sosok tepat

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) mengarak piagam penghargaan, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/7). Kota Surabaya menyabet penghargaan internasional Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention yang diarak keliling Surabaya bersama dua penghargaan lain yaitu ASEAN Tourism Forum (ATF) di Thailand dan OpenGov Asia Recognition of Excellence di Jakarta. ANTARA FOTO/Didik Suhartono Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) mengarak piagam penghargaan, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/7). Kota Surabaya menyabet penghargaan internasional Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention yang diarak keliling Surabaya bersama dua penghargaan lain yaitu ASEAN Tourism Forum (ATF) di Thailand dan OpenGov Asia Recognition of Excellence di Jakarta.

Presiden UCLG-ASPAC, Won Hee-ryong, mengatakan, kongres ini tidak hanya membahas masalah perkotaan, namun juga bertujuan memilih presiden baru.

Won Hee-ryong menyebut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini adalah sosok yang tepat untuk menjabat presiden baru UCLG-ASPAC.

"Ada satu kandidat, yaitu Wali Kota Surabaya (Risma). Beliau didorong para delegasi untuk menjabat presiden UCLG-ASPAC," ucap Won dalam jumpa pers di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Kamis (13/9/2018).

Won juga mengungkapkan alasannya mendukung Risma.

"Saya melihat sendiri bagaimana beliau mengatasi global warming dengan membangun banyak taman untuk menjaga lingkungan," tuturnya.

Baca juga: "Nyaleg" DPR, Puti Diajak Risma Blusukan ke Kampung Dolly

 

2. Tanggapan Risma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut para tamu daei berbagai negara se-Asia Pasifik dalam Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC 2018.KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut para tamu daei berbagai negara se-Asia Pasifik dalam Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC 2018.

Mendengar namanya disebut-sebut menjadi calon Presiden UCLG-ASPAC, Risma mengatakan, sudah memiliki beberapa program seandainya benar-benar terpilih.

"Saya belum berhak bicara sebetulnya, karena belum terpilih," ucap Risma. Namun Risma sempat membocorkan sejumlah program. Salah satunya mengatasi bencana alam yang banyak terjadi di belahan dunia.

"Itu yang harus diantisipasi dulu. Tadi Presiden UCLG-ASPAC (Won Hee-ryong) menyampaikan budaya dan kearifan lokal bisa untuk penyelamatan ini (bencana)," tutur Risma.

Baca juga: Risma Ajak Warga Surabaya Menabung Sampah

 

3. Janji Risma jika terpilih

Risma bersama warga eks lokalisasi Dolly KOMPAS.com/Achmad Faizal Risma bersama warga eks lokalisasi Dolly

Bernadia Irawati Tjandradewi, Sekjen UCLG-ASPAC membenarkan bahwa Risma adalah satu-satunya kandidat yang didorong delegasi untuk menjadi presiden.

Kinerja Risma terus diamati oleh UCLG-ASPAC dan itu memnjadikannya salah satu kandidat kuat.

Sementara itu, Risma mengaku selalu fokus pada pencegahan sebelum terjadi masalah dan dampak yang lebih besar.

"Saya konsen di pencegahan bukan pengobatan. Jadi buat program seefisien mungkin dengan kearifan lokal. Ini tugas yang akan saya kembangkan kalau terpilih," kata Risma.

Baca juga: Risma Minta Istri Pegawai Alih Daya Kurangi Jam Nonton Sinetron

 

4. Dukungan dari Gubernur Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta mengikuti Kongres ke-7 UCLG-ASPAC di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Kamis (13/9/2018).KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Gubernur DKI Jakarta mengikuti Kongres ke-7 UCLG-ASPAC di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Kamis (13/9/2018).

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mengutarakan dukungannya kepada Risma. Alasannya, hasil kerja keras Risma menata Surabayam sudah terbukti. 

"Nah selama ini, banyak dari kita yang memandang buat apa sih di level dunia. Sebenarnya ini salah satu amanat konstitusi. Kita ini bertanggung jawab untuk ikut membangun ketertiban dunia," tutur Anies.

Apa yang sudah dikerjakan Risma sebagai Wali Kota Surabaya selama hampir dua periode, lanjut dia, menunjukkan terobosan-terobosan yang mampu bersaing di tingkat dunia.

"Saya selalu mendorong agar di level kota kinerjanya itu bisa dirasakan masyarakat dan pengalamannya bisa dijadikan rujukan bagi kota-kota lain di dunia," kata Anies.

"Saya ikut dukung Bu Risma (menjadi Presiden UCLG-ASPAC), mudah-mudahan nanti sukses," tambahnya kemudian.

 

5. Risma terpilih sebagai presiden tanpa voting

Wali kota Surabaya Tri RismahariniKOMPAS.com/ACHMAD FAISAL Wali kota Surabaya Tri Rismaharini
Risma terpilih sebagai Presiden United Cities Local Government Asia-Pacific (UCLG-ASPAC) periode 2018-2020 tanpa melalui mekanisme voting karena hanya ada satu kandidat yang diusulkan. Pemilihan berlangsung singkat pada Jumat (14/9/2018) pukul 16.00.

Baca selengkapnya: Tanpa Voting, Risma Terpilih Jadi Presiden Asosiasi Pemerintah Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik

 

Sumber: KOMPAS.com (Ghinan Salman)



Close Ads X