Fakta Baru Kongres Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik, Dukungan Anies hingga Risma Terpilih Jadi Presiden

Kompas.com - 14/09/2018, 20:45 WIB
Wali Kota Surabaya Tri RismahariniPemkot Surabaya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

KOMPAS.com - Risma menjadi kandidat terkuat menjabat Presiden United Cities Local Governments Asia-Pacific (UCLG-ASPAC). Dan dia akhirnya terpilih tanpa voting pada Jumat (14/9/2018).

Presiden UCLG-ASPAC sebelumnya, Won Hee-ryong, sempat menyebutkan nama Risma sebagai salah satu calon terkuat menggantikan dirinya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat menyatakan dukungannya kepada Risma berdasarkan perkembangan pesat Surabaya selama dipimpin olehnya.


Selain itu, Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC yang digelar di Surabaya juga membahas tentang pembangunan dan inovasi kota dan daerah di wilayah Asia Pasifik.

Berikut fakta-fakta terkait kongres di Surabaya tersebut:

 

1. Risma adalah sosok tepat

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) mengarak piagam penghargaan, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/7). Kota Surabaya menyabet penghargaan internasional Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention yang diarak keliling Surabaya bersama dua penghargaan lain yaitu ASEAN Tourism Forum (ATF) di Thailand dan OpenGov Asia Recognition of Excellence di Jakarta. ANTARA FOTO/Didik Suhartono Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) mengarak piagam penghargaan, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/7). Kota Surabaya menyabet penghargaan internasional Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention yang diarak keliling Surabaya bersama dua penghargaan lain yaitu ASEAN Tourism Forum (ATF) di Thailand dan OpenGov Asia Recognition of Excellence di Jakarta.

Presiden UCLG-ASPAC, Won Hee-ryong, mengatakan, kongres ini tidak hanya membahas masalah perkotaan, namun juga bertujuan memilih presiden baru.

Won Hee-ryong menyebut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini adalah sosok yang tepat untuk menjabat presiden baru UCLG-ASPAC.

"Ada satu kandidat, yaitu Wali Kota Surabaya (Risma). Beliau didorong para delegasi untuk menjabat presiden UCLG-ASPAC," ucap Won dalam jumpa pers di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Kamis (13/9/2018).

Won juga mengungkapkan alasannya mendukung Risma.

"Saya melihat sendiri bagaimana beliau mengatasi global warming dengan membangun banyak taman untuk menjaga lingkungan," tuturnya.

Baca juga: "Nyaleg" DPR, Puti Diajak Risma Blusukan ke Kampung Dolly

 

2. Tanggapan Risma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut para tamu daei berbagai negara se-Asia Pasifik dalam Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC 2018.KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut para tamu daei berbagai negara se-Asia Pasifik dalam Kongres Ke-7 UCLG-ASPAC 2018.

Mendengar namanya disebut-sebut menjadi calon Presiden UCLG-ASPAC, Risma mengatakan, sudah memiliki beberapa program seandainya benar-benar terpilih.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X