Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kisah Bocah Viral, Jadi Pelintas Batas Negara hingga Jadi Bandar Narkoba

Kompas.com - 13/09/2018, 08:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kegigihan Nursaka (8) untuk berangkat sekolah dari rumahnya di Tebedu, Malaysia ke sekolah yang ada di Entikong, Indonesia, mendapat apresiasi warganet.

Sementara itu, kisah Muhammad Fakrin (10) yang berusaha membujuk polisi agar tidak menilang dirinya dan melaporkan ke orangtuanya, akhirnya gagal. Kasus ini menjadi pergunjingan warganet.

Beda lagi dengan kisah RK (12) di Makassar. RK memilih untuk menyerahkan diri ke polisi setelah menjadi buron karena menjual barang haram, narkoba. 

Berikut kisah hidup bocah di Indonesia yang menjadi viral di media sosial.

1. RK (12) telah menjadi buron polisi selama satu bulan

Ilustrasi sabuShutterstock Ilustrasi sabu

Apapun alasannya, usia RK masih belia dan dirinya sudah memutuskan untuk menyerahkan diri ke polisi, setelah lama bergulat di dunia hitam narkoba. Faktanya, RK telah menjadi bandar narkoba seusia itu.

Jajaran Satuan Narkoba Polsekta Tallo mencium pergerakan RK menjual narkoba setelah menangkap salah satu rekan RK berinisial AR. AR diketahui juga masih remaja ingusan berusia 14 tahun.

Siswa SMP tersebut disuruh RK untuk menjual 2 paket sabu seharga Rp 200.000. Keduanya sepakat berbagi keuntungan, namun AR justru tertangkap polisi terlebih dahulu.

Menyadari buron masih duduk di SD, polisi Polsekta Tallo memilih untuk melakukan pendekatan kepada orangta RK. RK memang sempat bersembunyi di rumah kerabatnya, namun akhirnya bujukan polisi berhasil menyadarkan pihak keluarga.

“RK menyerahkan diri, setelah polisi melakukan pendekatan dan pemahaman kepada kedua orang tuanya. Setelah diperiksa oleh penyidik Polsekta Tallo, kini RK dititipkan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar,” katanya.

Fakta terbaru kasus RK yang telah dijadikan tersangka ini cukup mengejutkan. Salah satunya adalah RK menemukan dua paket sabu yang hendak dijualnya ditemukan di Posyandu dekat rumahnya.

Baca selengkapnya: Kisah Murid SD Bandar Narkoba, Sebulan Jadi Buronan Polisi

2. Nursaka 'Si Pelintas Batas Negara" yang menjadi viral

Nursaka Pelintas CIlik PLBN EntikongDok. Ditjen Imigrasi Nursaka Pelintas CIlik PLBN Entikong

Nursaka alias Saka adalah sosok siswa yang memiliki kegigihan untuk bersekolah. Rumahnya berada di Tebedu, Sarawak, Malaysia. Sekolahnya ada di Entikong, Indonesia.

Rasa nasionalisme Nursaka membuatnya tetap memilih bersekolah di Indonesia. Untuk itu, dirinya rela setiap pagi melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com