2,5 Hektar Hutan Lindung di Kediri Terbakar

Kompas.com - 11/09/2018, 10:38 WIB
Petugas memantau kebakaran hutan di kawasan hutan lindung Kepung, Kediri, Jawa Timur, Senin (10/9/2018). Dok.BPBD KABUPATEN KEDIRIPetugas memantau kebakaran hutan di kawasan hutan lindung Kepung, Kediri, Jawa Timur, Senin (10/9/2018).

KEDIRI, KOMPAS.com - Kebakaran melanda kawasan hutan lindung di areal Lereng Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (11/9/2018).

Kebakaran terjadi di kawasan wisata Bukit Ongakan yang masuk Kecamatan Kepung.

Lokasi pasti kebakaran itu berada pada petak 148 Resor Pengelolaan Hutan Besowo, Kesatuan Pengelolaan Hutan Kediri. Akibat peristiwa itu, hampir 2,5 hektar hutan terbakar.

"Dampaknya pada tanaman lindung yang rusak," ujar Randi Agata, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri, Selasa (11/9/2018).

Peristiwa itu, Randi menambahkan, kali pertama diketahui pada Senin (10/9/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.

Awalnya, Ronny selaku penjaga kawasan wisata Bukit Ongakan melakukan pemeriksaan rutin kawasan itu dan melihat kebakaran.

Baca juga: Kapolri: Siapa Pun Pelaku Pembakaran Hutan Gambut, Tangkap!

Hingga Selasa siang ini, Randi mengungkapkan, masih terdapat 1 titik api yang menyala dari awalnya 3 titik yang ada. Titik nyala masih terpantau pada bukit sisi timur dengan ditandai tebalnya asap.

"Untuk sisi selatan dan barat sudah padam," ujarnya.

Personel BPBD juga masih terus dipersiapkan di sekitar lokasi untuk melakukan pemantauan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan elemen terkait untuk mengantisipasi kemungkinan lebih buruk.

Baca juga: Waspada Kebakaran Lahan, Ada 201 Hotspot di Kawasan Perusahaan di Kalbar

Sementara penyebabnya diduga karena cuaca panas di musim kemarau yang cukup panjang ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X