Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Ike Kisnawati, Anggota DPRD Kota Malang Hasil PAW Termuda

Kompas.com - 10/09/2018, 19:18 WIB
Andi Hartik,
Khairina

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Ike Kisnawati adalah anggota DPRD Kota Malang hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dilantik pada Senin (10/9/2018). Di usianya yang masih 27 tahun, Ike menjadi anggota DPRD Kota Malang termuda.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu lahir pada 23 Januari 1991. Di usia 23 tahun, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Malang daerah pemilihan Kedung Kandang, yakni pada Pemilu Legislatif 2014.

Sayang, upayanya masuk ke lembaga legislatif gagal. Raihan suaranya yang hanya 1.095 dan berada di posisi keempat tidak mampu mendorong dirinya duduk di kursi parlemen.

Lulusan Fakultas Hukum Univeritas Brawijaya itu berkesempatan menduduki kursi legislatif setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap kasus suap pembahasan APBD Perubahan Kota Malang tahun anggaran 2015 dan menangkap sebanyak 41 orang.

Ike menggantikan posisi Sahrawi yang turut terseret dalam kasus suap massal itu.

"Motivasi saya dulu, saya kan yang termuda. Saya pingin yang muda juga bisa menjadi wakil rakyat," katanya usai dilantik.

Baca juga: Usai Dilantik, Anggota DPRD Kota Malang Hasil PAW Langsung Bimtek

Warga Jalan Laksamana Martadinata 1/777 Keluarahan Kota Lama, Kecamatan Kedung Kandang itu mengaku prihatin dengan banyaknya aspirasi masyarakat yang terabaikan. Kondisi itu lantas membuat dirinya tertarik untuk terjun ke dunia politik.

"Saya melihat penderitaan rakyat. Rakyat kadang sambat (mengeluh) kok nggak ada kemajuan," katanya yang saat ini masih berstatus lajang.

Kini, Ike sudah mendapatkan apa yang dicita - citakan. Ia duduk sebagai anggota DPRD Kota Malang melanjutkan masa keanggotaan 2014 - 2019.

Ike yang masih baru dengan dunia legislatif mengaku akan belajar supaya mampu memberikan hasil yang terbaik.

"Masih bertahap sambil memahami juga. Saya masih baru ini. Jadi masih belum begitu memahami. Tapi saya akan terus belajar," katanya.

Dalam waktu dekat, sesuai dengan agenda DPRD Kota Malang, Ike akan ikut membahas RAPBD Kota Malang tahun anggaran 2019. Pembahasan itu harus tuntas pada 15 Desember 2018.

Saat ini, Ike mencalonkan kembali sebagai anggota DPRD Kota Malang daerah pemilihan Kedung Kandang nomor urut 9 dalam Pileg 2019 mendatang. Namanya sudah masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang dikeluarkan oleh KPU Kota Malang.

Kompas TV Sebanyak 150 personel kepolisian dari Polres Malang Kota, melakukan apel persiapan pengamanan pelantikan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com