Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Akan Dibangun di Sumsel pada 2019

Kompas.com - 10/09/2018, 19:00 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tiga ruas jalan akan kembali dibangun di Sumatera Selatan setelah jalan tol yang menghubungkan Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir sepanjang 22 kilometer dinyatakan selesai.

 Manajer Proyek Jalan Tol Palindra sekaligus Pimpinan Proyek Tol Trans Sumatera, Hasan Turcahyo mengatakan, tiga tol baru yang akan dibangun tersebut akan dimulai pengerjaan pada 2019 mendatang pertengahan tahun.

 Tiga tol tersebut yakni Indralaya - Muara Enim sepanjang 110 kilometer, Muara Enim- Lahat - Lubuk Linggau sepanjang 125 kilometer dan Lubuk Linggau - Bengkulu sepanjang 95 kilometer.

Baca juga: 11 Ruas Tol Trans Sumatera Butuh Rp 250,5 Triliun

 “Pengerjaannya akan dilakukan oleh Hutama Karya selaku kontraktor. Sejauh ini ada 669 kilomter untuk ruas tol di wilayah Sumsel untuk dibangun. Dan baru selesai 22 kilometer, yakni tol Palindara (Palembang-Indralaya),” kata Hasan, Senin (10/9/2018).

 Hasan menjelaskan, tiga tol baru di Sumsel tersebut saat ini masih dalam tahap proses pembuatan feasibility study (FS) seperti amdal dan desain. Dua tahap tersebut akan memakan waktu panjang hingga diprediksi selesai pada 2019.

Setelah amdal dan desain selesai, mereka akan kembali melanjutkan tahap berikutnya berupa pembebasan lahan di lokasi pembangunan tol.

“Untuk total luas lahan yang dibebaskan belum dihitung besarannya berapa. Tapi kami harap soal pembebasan lahan jangan sampai lama, sehingga cepat dikerjakan,”ujarnya.

Kompas TV Pengerjaan Proyek Tol Trans-Sumatera terus dilanjutkan, pasca-jatuhnya besi penyangga jembatan tol di Lampung Tengah, Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com