Di Kota Padang Ada Bus Pariwisata Dibayar Pakai Botol Minuman Plastik

Kompas.com - 10/09/2018, 18:20 WIB
Wali Kota Padang Mahyeldi saat mengumpulkan sampah botol minuman plastik, Senin (10/9/2018). KOMPAS.com/RAHMADHANIWali Kota Padang Mahyeldi saat mengumpulkan sampah botol minuman plastik, Senin (10/9/2018).

PADANG, KOMPAS.com - Pariwisata terus digalakkan oleh pemerintah kota Padang, Sumatera Barat ( Sumbar). Salah satunya dengan mendorong beroperasinya bus pariwisata yang tarifnya menggunakan botol minuman plastik

Penumpang bus pariwisata ini akan dibawa berkeliling ke sejumlah tempat wisata di kota Padang. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, program ini dilakukan selain untuk mendorong dan mempromosikan pariwisata kota Padang juga untuk mengurangi sampah plastik di kota ini. 

"Jadi program ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Padang," ujar Medi Iswandi, Senin (10/9/2018).

Baca juga: Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia

Jumlah botol yang dibayarkan untuk menjadi tiket naik bus pariwisata tersebut berbeda tiap ukurannya. 10 untuk ukuran gelas, tiga untuk ukuran sedang dan satu untuk ukuran besar.

"Jumlah tersebut hanya untuk sekali naik. Jika wisatawan ingin naik lagi, maka wisatawan tersebut harus membayar lagi dengan jumlah yang sudah ditetapkan tersebut," tuturnya.

Untuk rute yaitu dimulai dari LPC menuju Tugu Gempa-ke Kota Tua-ke Gunung Padang menuju Pantai Air Manis-ke Bukit Gado-gado lalu putar lagi ke jembatan Sitinurbaya dan terakhir menuju Mesjid Raya.

Dalam sehari bus akan membawa penumpang lima kali putaran. Dimulai pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.30 WIB, 15.30 WIB dan 17.00 WIB.

"Bagi penumpang yang ingin berhenti di tempat wisata di mana bus lewat maka bisa juga naik kembali pada bus berikutnya dengan cara bayar pakai sampah plastik kembali. Perkiraan waktu bus akan datang kembali yaitu sekitar 1,5 jam," kata Medi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X