Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Prabowo, Saya Pingin Salaman..."

Kompas.com - 09/09/2018, 19:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Beberapa ibu rumahtangga dengan menggunakan daster memanggil-manggil nama Prabowo Subianto, yang datang ke Banyuwangi Minggu (9/9/2018).

Mereka bahkan mengintip dari lubang pagar rumah milik Habib Ahmad Al Bahar di Kelurahan Mandar Kecamatan Banyuwangi untuk melihat Ketua Umum Partai Gerindra yang merupakan calon presiden ini.

"Pak, Pak Prabowo, lihat sini. Jangan ngadep ke utara, sini pak. Saya pingin salaman," teriak Sutiyah (61) dari lubang pagar.

Perempuan yang tinggal di Kampung Mandar tersebut mengaku sebagai fans berat Prabowo sejak lama.

Baca juga: Djoko Santoso: Struktur Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga Belum Final

"Biasanya kan cuma lihat di TV jadi pingin ketemu langsung. Salaman gitu. Seharusnya Pak Prabowo mau ketemu sama kami, bukan langsung masuk aja ke dalam," kata Sutiyah dengan wajah kecewa.

Prabowo tiba di Banyuwangi menggunakan pesawat pribadi dan langsung menuju ke rumah Habib Ahmad Al Bahar. Sekitar pukul 13.00, Prabowo yang mengunakan kemeja putih langsung masuk ke dalam rumah dan pintu pagar digembok dari dalam.

"Maaf ya. Hanya orang yang berkepentingan yang boleh masuk," kata salah seorang pengawal.

Pertemuan tersebut juga tertutup untuk kalangan wartawan.

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Banyuwangi Noval Badri kepada Kompas.com Minggu (9/9/2018) mengatakan dirinya baru mengetahui kepastian kedatangan Prabowo pada satu hari sebelumnya. Noval mengatakan jika kunjungan Prabowo ke Banyuwangi untuk melakukan agenda spritual.

"Saya baru dapat kepastian kemarin. Jadi Pak Prabowo ke sini untuk silaturahmi dengan sohib-sohibnya yang ada di Banyuwangi. Juga nyekar ke beberapa makam pendahulu yang sudah meninggal. Jadi ke Banyuwangi ini agenda spiritual," sebutnya.

Di lokasi yang didatangi oleh Prabowo, juga digelar Haul Syekh Abu Bakar Bin Salim  yang digelar sejak Minggu (9/9/2018) sejak jam 8 pagi dan dihadiri oleh ribuan orang.

Prabowo sendiri datang setelah acara tersebut selesai dan sebagian besar jemaah pengajian telah pulang.

"Kami tidak tahu kalau ada pak Prabowo datang. Acara haul kan selesai jam 12, Pak Prabowo baru jam 2 am datang. Ini juga kita sedang bersih-bersih lokasi waktu Pak Prabowo datang," kata Harun, jemaah yang berasal dari Muncar.

Di lokasi kegiatan juga tampak anggota Banser yang membantu mengamankan kendaraan saat Prabowo dan rombongan datang di jalan Panjaitan Banyuwangi tempat digelarnya pengajian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com