Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padang Ilalang Gunung Sindoro Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kompas.com - 09/09/2018, 16:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Icha Rastika

Tim Redaksi

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Padang rumput ilalang di lereng Gunung Sindoro, wilayah perbatasan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, terbakar, Minggu (9/9/2018).

Semua jalur pendakian ke puncak gunung ini ditutup untuk sementara.

“Sebagai langkah antisipasi kebakaran  yang semakin meluas dan keamanan pendaki untuk sementara jalur pendakian ke Gunung Sindoro ditutup,” kata Kepala Urusan Komunikasi Perum Perhutani KPH Kedu Utara Herman.

Ia menyampaikan, titik api bermula dari petak 7B area Perhutani wilayah Resor Pemangku Hutan (RPH) Kwadungan masuk Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Kebakaran kemudian meluas ke wilayah RPH Sigedang BKPH Wonosobo.

"Vegetasi yang terbakar berupa rumput alang-alang (ilalang). Kami belum bisa memastikan luas lahan yang terbakar," kata Herman saat dihubungi Minggu (9/9/2018).

Baca juga: Gempa Lombok, Hampir Semua Jalur Pendakian Gunung Rinjani Alami Longsor

Saat ini, petugas masih melakukan pemadaman api dengan cara manual.

Upaya pemadaman melibatkan beberapa personel baik dari Perhutani BPKH Temanggung, relawan base camp Sindoro, dan relawan dari berbagai komunitas lainnya.

Herman mengakui, upaya pemadaman tidak mudah karena medan yang berat, yakni dekat dengan puncak gunung yang memiliki kemiringan tanah terjal.

Selain itu, lanjut Herman, kobaran api terus menjalar karena musim kemarau dan kondisi rumput keringa sehingga mudah terbakar.

“Kesulitan lainnya, saat proses pemadaman angina berhembus cukup kencang sehingga cukup menyulitkan proses pemadaman api,” ujar dia.

Ia juga menyampaikan, penutupan jalur pendakian dilakukan sampai api benar-benar padam dan aman untuk pendakian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com