Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Lombok Minggu Siang

Kompas.com - 09/09/2018, 14:33 WIB
UGM mendirikan posko peduli bencana untuk korban gempa bumi Lombok di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara. Dok. UGMUGM mendirikan posko peduli bencana untuk korban gempa bumi Lombok di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara.

MATARAM, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo 4.8 kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (9/9/2018) pukul 12.53 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter terletak pada kordinat -8.13 LS dan 116.58 BT atau tepatnya pada jarak 23 Km Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 5 kilometer.

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur II SIG-BMKG (III MMI). Selain itu, guncangan lemah dirasakan di Lombok Barat dan Mataram I SIG-BMKG (II MMI).


Baca juga: Sabtu Ini, NTT Diguncang Gempa Bumi Empat Kali

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust)," terang Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto dalam keterangan tertulisnya.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X