Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Truk Tronton Kecelakaan di Sukabumi, Ruas Jalan Cibadak-Cikembar Tak Bisa Dilintasi

Kompas.com - 09/09/2018, 09:25 WIB
Budiyanto ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebanyak tiga truk tronton mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Cibadak-Cikembar-Palabuhanratu, Kampung Ciangsana, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/9/2018) sekitar pukul 24:00 Wib.

Tidak ada korban jiwa dan luka pada peristiwa ini. Hanya saja akibat kecelakaan truk tronton penuh muatan itu berhenti di satu lokasi dan menutup semua badan jalan. Dua tronton berdampingan menuju arah Cikembar dan satunya menuju ke arah Cibadak.

Dampaknya arus lalu lintas di ruas jalan utama penghubung Sukabumi bagian utara dengan wilayah selatan itu terganggu. Untuk kendaraan bermotor jenis mobil kecil dialihkan melalui jalan desa. Namun untuk kendaraan jenis truk akhirnya berhenti.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com di lokasi kejadian, kecelakaan awalnya ada sebuah tronton dari arah Cibadak menuju ke Cikembar mengalami mogok setelah sekitar 20 meter melintasi tanjakan.

Saat itu pun rem tangan tidak kuat, sehingga truk kembali mundur dan akhirnya terperosok ke selokan.

Di belakang tronton, datang truk tronton satu perusahaan. Namun saat menyalip truk tronton yang mundur, dari arah berlawanan datang sepeda motor. Saat itu badan truk tronton yang mundur pun terguling menimpa tronton yang menyalip.

"Saya mendengar suara pecah ban tronton, dan langsung keluar rumah. Saat melihat ke arah suara, ternyata ada dua truk tronton yang berhenti. Tronton yang satu terguling menimpa tronton lainnya," ungkap salah seorang warga kampung setempat, Iman (41) kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Minggu dinihari.

Menurut dia awalnya hanya dua truk tronton yang mengalami kecelakaan sehingga menutup lebih setengah badan jalan. Namun untuk mobil kecil dan sepeda motor masih bisa melintas, dan diatur secara bergantian.

Tidak lama kemudian, datang dari arah Cikembar menuju Cibadak sebuah truk tronton juga sarat muatan yang memaksa melintas. Padahal sebelumnya sudah diperingatkan warga agar tidak memaksa melintas karena tanahnya labil.

"Hingga akhirnya truk tronton yang mengarah ke Cibadak itu bannya terperosok juga di selokan. Sehingga tiga truk tronton ini berhenti sejajar menutup seluruh badan jalan," ujar dia.

Pantauan Kompas.com di tempat kejadian perkara hingga Minggu (9/9/2018) sekitar pukul 03:00 Wib belum ada upaya penanganan. Beberapa kendaraan jenis truk tronton dan tangki akhirnya berhenti di dua arah.

Sementara untuk sepeda motor masih bisa melintas memanfaatkan sisa lahan di pinggiran selokan. Namun saat melintas harus didorong. Hingga berita ini iterbitkan belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian jajaran Polres Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com