Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Diterpa Badai, Mahasiswa Unsri Capai Puncak Elbrus Rusia

Kompas.com - 08/09/2018, 21:29 WIB
Aji YK Putra,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tim ekspedisi Mafesripala dari Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan, berhasil mencapai puncak tertinggi di Gunung Elbrus, Rusia.

Salah satu anggota tim ekspedisi, Muhammmad Razaq,  mengatakan, perjalanannya dan Muhammad Gilang sempat mengalami kendala ketika hendak menuju puncak.

Kedua pendaki ini diterpa badai angin kencang ketika tracking pada lintasan Fix Rope, pukul 09.00 waktu setempat.

Pendakian pun terpaksa ditunda hingga menunggu cuaca bersahabat.

Sekitar pukul 11.15 waktu Rusia, keduanya berhasil mengibarkan bendara merah putih dan bendera Mafesripala di ketinggian 5.642MDPL.

“Semua tim dan guide dalam keadaan sehat dan selamat. Kami mohon doa,” kata Razaq, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/9/2018).

Razaq dan Gilang sebelumnya sempat menapaki Puncak Kilimanjaro, Tanzania, pada 2017, dalam ekspedisi Seven Summit Mafesripala .

Proses pendakian di Elbrus diakuinya sangat berbeda.

"Tim kami tetap tidak patah semangat saat menghadapi cuaca gunung yang terus berubah. Memang di sini tracking-nya sangat menantang. Tapi kami berhasil mencapai puncak,” ujar Razaq.

Setelah mencapai Carstensz Pyramid, Papua, Kilimanjaro, Tanzania dan Elbrus Rusia, mereka akan mempersiapkan empat puncak tertinggi lainnya untuk didaki. Salah satunya, Gunung Aconcagua, Chile, Amerika Selatan.

Kompas TV Awan tersebar dan tertiup layaknya ombak di antara lembah pegunungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com