Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Pensiunkan Sepeda Kesayangannya

Kompas.com - 07/09/2018, 12:00 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akhirnya mengistirahatkan sepeda kesayangannya setelah lima tahun menemani perjalannya menjadi Wali Kota Bandung.

Jumat (7/9/2018) siang, pria yang karib disapa Emil itu masih menggunakan sepeda berwarna biru tersebut saat menghadiri Kongres Nasional Psikolog Indonesia di Hotel Preanger.

Sepeda itu pun masih terpasang pelat bertuliskan "BDG 01 RK", simbol orang nomor satu di Kota Bandung.

"Saya belum rapat dengan biro umum saya dapat sepeda lagi apa enggak, ini masih sepeda jatah wali kota, sudah reyot mau saya pensiunkan di museum saya," ucap Emil.

Baca juga: Cerita Ridwan Kamil Ditabrak Pemotor yang Lawan Arus

Jika tak dapat fasilitaa sepeda, ia pun berencana membeli sepeda baru untuk menemani kegiatannya selama di Bandung.

"Nanti mungkin beli sepeda baru. Tapi da dekat dari Pakuan (rumah dinas) ke Gedung Sate, saya bisa jalan kaki, dan sepedaan biar sehat. Saya kan jaga jaga kebugaran begitu caranya," ucapnya.

Meski sudah jadi Gubernur, Emil mengaku akan melanjutkan kebiasannya bersepeda. Menurutnya, bersepeda sudah jadi gaya hidupnya sejak dulu. Dia mengatakan, banyak pandangan baru dan solusi yang ia temukan saat bersepeda.

Baca juga: Hari Pertama Pimpin Jabar, Ridwan Kamil dan Uu Belum Move On

"Saya itu bahagia naik sepeda. Karena saya itu bahagia naik sepeda itu saja poinnya. Karena bersepeda itu dapat angin, seger. Menyapa warga jarak dekat, bisa berhenti berinteraksi, bisa menemukan problem yang tidak bisa ditemukan kalau sudut matanya naik mobil, banyak gagasan kalau naik sepeda," tutur Emil.

"Jadi bersepeda itu kebutuhan bukan gaya-gayaan. Bukan pencitraan, tapi saya butuh karena obat stres. Sayang gak pakai kilometer, kalau pake kilometer bisa terukur (jauhnya)," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com