Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Gubernur Baru, Pemprov Sultra Siapkan Tradisi "Pekande-kandea"

Kompas.com - 06/09/2018, 19:14 WIB
Kiki Andi Pati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar pesta rakyat untuk menyambut kedatangan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas setelah dilantik, Rabu (5/9/2018) kemarin.

Pesta rakyat itu mengangkat budaya masyarakat Buton yang bertajuk "Pekande-kandea" yang menyajikan sejumlah makanan dalam talang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Kusnadi mengatakan, pesta rakyat ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih gubernur atas pelantikannya sebagai gubernur.

"Beliau sangat mengapresiasi masyarakat Sultra dan nanti ke depannya bisa bersatu membangun Sulawesi Tenggara yang lebih baik lagi," terang Kusnadi dihubungi, Kamis (6/9/2018).

Lanjut Kusnadi, pesta rakyat ini akan digelar pada tanggal 22 September mendatang di Tugu MTQ. Pihak panitia akan menyiapkan 2.000 talang yang menyajikan makanan khas daerah dari 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Baca juga: Dorong Kursi Roda Istri Saat Pelantikan, Ridwan Kamil Menuai Simpati

Hingga saat ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra masih berada di Jakarta. Kusnadi menambahkan, rencananya, pasangan gubernur yang diusung dua partai politik pada pemilihan gubernur 27 Juni 2018 lalu akan tiba di Kendari dalam minggu ini.

"Mungkin beliau datang minggu ini. Pak gub rencananya akan menghadiri undangan gubernur NTT di Kupang bersama Pak Surya Paloh, dan semua gubernur terpilih dari Partai NasDem ke NTT syukuran di sana," ungkap Kusnadi.

Baca juga: Cerita Ganjar Kebesaran “Jas” Saat Pelantikan sebagai Gubernur

Kompas TV Pelantikan ini tahap pertama dari total 17 pasang gubernur dan wagub yang terpilih pada Pilkada serentak Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com