Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat yang Jatuh di Gunungkidul Dievakuasi ke Yogyakarta

Kompas.com - 05/09/2018, 06:53 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat jenis ultra light dengan nama lambung Sky Ranger Pk S-S160 yang jatuh di Dusun Gading 1 RT12, Rw 01, Gading, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, sudah berasil dievakuasi dari lokasi. Pesawat berpenumpang dua orang ini dibawa ke arah Yogyakarta.

Dari pantauan Kompas.com sekitar pukul 20.00 WIB pesawat dibawa ke arah Yogyakarta. Sebelumnya, beberapa bagian pesawat dicopot seperti sayap dan baling-baling. Pesawat dibawa menggunakan mobil dengan sebuah bak ditarik. 

Relawan di sekitar lokasi evakuasi tidak ada yang mau berkomentar terkait kecelakaan dan tujuan pesawat dibawa ke Yogyakarta.

Baca juga: Pesawat Kecil Jatuh di Pekarangan Rumah Warga, Pilot Selamat 

 

"Nanti saja, mau ke AU," kata salah anggota tim yang ikut mengevakuasi badan pesawat kepada wartawan, Selasa (4/9/2018). 

Koordinator Humas Basarnas DIY Pipit Eriyanto mengatakan, pihaknya sudah mengevakuasi dan menurunkan pesawat yang jatuh di pekarangan warga di Dusun Gading, Gunung Kidul tersebut.

Untuk selanjutnya kelanjutan proses evakuasi pesawat akan dilaksanakan oleh pihak TNI AU. "Sudah diberi garis polisi," katanya. 

Penumpang selamat

Sebelumnya diketahui, kopilot pesawat tersebut adalah Erik Kristianto (36) atau dikenal dengan nama panggung Erix Soekamti, vokalis grup band Endank Soekamti. Pascakejadian jatuhnya pesawat, dia menyatakan dirinya baik-baik saja melalui Instagramnya. 

Baca juga: Pesawat yang Jatuh di Gunung Kidul Milik Vokalis Band Endank Soekamti

Dari pantauan di instagram @lulut_retro, dia mengunggah foto bersama Erik Kristianto sekitar pukul 17.55 WIB.

Dari penulusuran di channel Youtube, user name Erix Soekamti mengunggah video dia belajar mengemudikan pesawat mirip dengan pesawat yang jatuh di Dusun Gading, Gunung Kidul. Video Dipublikasikan tanggal 22 Agustus 2018. 

Pesawat milik pribadi

Sebelumnya Ketua Jogja Flying Club Tjandra Agus Budiman melakukan jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, Selasa (4/9/2018) untuk menjelaskan soal jatuhnya pesawat tersebut.

Tjandra menjelaskan pesawat ultralight tipe Sky Ranger PK S160 yang digunakan untuk latihan terbang adalah milik pribadi Erik Kristianto yang sudah menjadi anggota Jogja Flying Club.

"Jogja Flaying Club ini masuk di organisasi FASI. Pesawat milik Erix, tapi di sini di dalam penerbangan ini tadi Alan (Faslan) sebagai PIC-nya," tegasnya.

Baca juga: Pesawat Sempat Berputar sebelum Jatuh di Pekarangan Rumah Warga

Kompas TV Mesin pesawat tiba-tiba mati sehingga pilot berusaha mendarat darurat di Pangkalan Gading.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com