Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Pesawat Jatuh di Pekarangan Rumah Warga

Kompas.com - 04/09/2018, 22:54 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Microlight tipe Sky Ranger PK S160 jatuh di sebuah pekarangan rumah warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (4/9/2018) petang karena mengalami engine failure (masalah di mesin).

"Yang di pesawat saudara Faslan sebagai pilot dan Erix sebagai kopilot," ujar Ketua Jogja Flying Club, Tjandra Agus Budiman dalam jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, Selasa (4/9/2018).

Tjandra menjelaskan, sebelum terbang untuk latihan rutin, pilot dan kopilot melakukan briefing. Selain itu, keduanya juga melakukan cek medis.

Tak hanya itu, sebelum terbang, seluruh komponen pesawat juga diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, pesawat dinyatakan layak terbang.

"Setelah pesawat dinyatakan layak terbang, pilot memutuskan untuk memulai latihan," tegasnya.

Latihan lanjutnya dilakukan di area Selatan tepatnya di landasan udara Gading Gunung Kidul. Pada saat pesawat berada di ketinggian 5.000 kaki, pesawat mengalami masalah.

"Di ketinggian 5.000 feet terjadi engine fail," bebernya.

Baca juga: Pesawat yang Jatuh Akhirnya Diturunkan dari Pohon

Pilot, lanjutnya, memutuskan untuk tidak kembali ke Adisutjipto karena latihan berada di atas landasan udara Gading.

Di bawah lokasi latihan juga terdapat landasan, sehingga pilot berusaha untuk mendarat di Gading.

"Terjadi engine fail, pukul 16.00 WIB pilot declare 'mayday-mayday'. Pilot berusaha masuk landasan, tetapi tidak bisa," jelasnya.

Menurutnya, karena pesawat tidak bisa masuk ke landasan udara Gading, pilot lantas mencari lokasi mendarat sesuai dengan prosedur.

Sesuai prosedur, saat tidak sampai di landasan lanjutnya pilot harus harus mendaratkan pesawat di lokasi yang paling aman, tidak menimbulkan korban di bawah, tidak di perumahan serta juga bisa menyelamatkan pilot dan kopilot.

Posisi pendaratan, lanjutnya, berada dekat final runaway 10 Gading. Tepatnya di salah satu kebun milik warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen. Sebab, menurut pilot lokasi itulah yang paling aman untuk mendarat.

"Puji Tuhan aman semuanya, pilot dan kopilot dalam keadaan baik. Namun memang pesawat mengalami kerusakan, untuk penyebab engine fail masih dalam investigasi," urainya.

Baca juga: Pesawat Sempat Berputar sebelum Jatuh di Pekarangan Rumah Warga

Seperti diberitakan sebelumnya Sebuah pesawat kecil jatuh di pekarangan rumah warga di dusun Gading 1, RT12, Rw 01, Gading, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (4/9/2018) petang. Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Kompas TV Jumaidi harus mendapatkan perawatan karena mengalami patah tulang tangan karena kecelakaan yang terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com