Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polwan Dinilai Lebih Kuat Menghadapi Godaan Korupsi

Kompas.com - 04/09/2018, 07:24 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Peran polisi wanita dalam institusi Polri tidak kalah pentingnya dengan polisi laki-laki (Polki). Hal ini terbukti dari tidak sedikitnya Polwan di tanah air umumnya dan jajaran Polda Kepri khususnya menduduki jabatan strategis.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto kepada Kompas.com mengaku sangat bangga atas kinerja yang ditunjukan Polwan di wilayah hukumnya. Sebab tidak sedikit kasus besar terungkap, meski pimpinannya seorang Polwan.

Menurut dia, pada HUT ke-70 Polwan, peran Polwan semakin strategis di masyarakat. 

"Peran Polwan dalam institusi Polri menjadi bukti bahwa Polwan mampu menunjukan kinerjanya dengan menduduki jabatan strategis di dalam organisasi, mulai dari Kanit, Kasat, Kapolsek, Wakapolres, Kapolres, Wakapolda dan Kapolda hingga jabatan strategis lainnya di Mabes Polri," kata Andap.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Hadiri HUT ke-70 Polwan

Selain itu Polwan juga harus mampu menyukseskan agenda Kamtibmas di tahun 2018/ 2019. Keberadaan Polwan sangat diperlukan dalam eskalasi politik yang terjadi.

"Polwan diberikan kepercayaan menduduki jabatan strategis karena Polwan dianggap mampu dan bisa melakukan tugasnya sama seperti Polki," jelas Andap.

Andap berpendapat keberadaan polwan di Kepolisian sangat penting, mengingat Polwan memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan Polki dalam menjalankan tugas.

Diantaranya Polwan mampu bertindak lebih humanis dan mampu menjalin kedekatan yang baik dengan bawahan, jika dibandingkan dengan Polki.

Baca juga: Harapan terhadap Polwan di Usianya yang Ke-70 Tahun

Selain itu polwan juga merupakan sosok yang tepat untuk menangani kasus-kasus yang melibatkan perempuan dan anak.

"Yang terpenting, Polwan memiliki kelebihan yang tidak mungkin dimiliki Polki, yakni lebih kuat menghadapi godaan korupsi," ujarnya.

Untuk itu andap berharap kepada seluruh Polwan agar teruslah mengasah diri dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan institusi Polri sendiri.

"Jadilah Polwan yang promoter dan teruslah berkarya serta terus tingkatkan kemapuan dan kualitas dalam mengayomi masyarakat," katanya mengakhiri.

Kompas TV Ratusan Polwan Republik Indonesia memperingati hari ulang tahunnya ke-70, Senin (3/9) siang ini di Silang Monas, Jakarta Pusat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com