Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Terbaru Gempa Lombok, Jokowi Goyang Dayung hingga Target Rekonstruksi

Kompas.com - 03/09/2018, 14:53 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korban gempa bumi di Lombok mulai memasuki tahap rehabilitasi. Program rehabilitisi dirancang untuk segera diterapkan untuk membangun kembali Pulau Lombok.

Pemulihan trauma para korban bencana, khususnya anak-anak, terus dilakukan oleh relawan. Pemerintah dan jajarannya terus memantau aliran bantuan agar tepat sasaran.

Berikut fakta-fakta terbaru terkait bencana gempa di Lombok.

1. Terapi bermain menjadi terapi korban gempa

Sejumlah warga korban gempa berada di pengungsian di lapangan Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Selong, Lombok Timur, NTB, Minggu (29/7/2018). Para warga di Desa Sajang dan Desa Sembalun Bumbung memilih tidur di tenda pengungsian karena masih sering terjadinya gempa susulan yang menurut data stasiun Geofisika BMKG Mataram terjadi sebanyak 145 kali gempa susulan hingga terakhir pada pukul 17:45:04 Wita dengan magnitude 3.1.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Sejumlah warga korban gempa berada di pengungsian di lapangan Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Selong, Lombok Timur, NTB, Minggu (29/7/2018). Para warga di Desa Sajang dan Desa Sembalun Bumbung memilih tidur di tenda pengungsian karena masih sering terjadinya gempa susulan yang menurut data stasiun Geofisika BMKG Mataram terjadi sebanyak 145 kali gempa susulan hingga terakhir pada pukul 17:45:04 Wita dengan magnitude 3.1.

Kementerian Sosial memberikan berbagai macam terapi untuk memulihkan kesehatan mental para korban gempa. Terapi tersebut dimulai dari mengajak bermain hingga melakukan teknik hipnotis.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, layanan dukungan psikososial tersebut akan dilakukan petugas di 10 pos pengungsian yang tersebar di sejumla wilayah. 

Terapi hipnotis yang diberikan berupa katarsis mental, trauma healing, konseling, intervensi krisis, dan pemberian motivasi.

Terapi bermain seperti sulap, games, dan flying fox juga akan diberikan kepada korban gempa. Selain itu, terapi pendidikan untuk memotivasi anak-anak belajar kembali.

Baca Juga: Ini Pesan Presiden Jokowi di Apel Siaga NTB Bangun Kembali

2. Presiden Jokowi goyang dayung di Lombok

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (ketiga kanan) bersama warga korban gempa nonton bareng upacara penutupan Asian Games 2018 di Lapangan Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Minggu (2/9/2018). Presiden Jokowi di sela kunjungannya ke lokasi gempa menyempatkan diri untuk menyaksikan upacara penutupan Asian Games 2018 bersama warga korban gempa.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (ketiga kanan) bersama warga korban gempa nonton bareng upacara penutupan Asian Games 2018 di Lapangan Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Minggu (2/9/2018). Presiden Jokowi di sela kunjungannya ke lokasi gempa menyempatkan diri untuk menyaksikan upacara penutupan Asian Games 2018 bersama warga korban gempa.

Saat menonton acara penutupan Asian Games 2018 bersama korban pengungsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jokowi bergoyang dayung kembali saat penyanyi Via Vallen menyanyikan lagu "Meraih Bintang".

"Ini merupakan prestasi tertinggi Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang Asian Games," kata Jokowi. Goyang dayung ala Jokowi tersebut segera menjadi sorotan media.

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat ( NTB) Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB) dan para pengungsi menonton bareng (nobar) siaran langsung penutupan Asian Games 2018 di lapangan sepak bola, Desa Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (2/9/2018) malam.

Baca Juga: Jokowi Akan Nobar Penutupan Asian Games Bersama Pengungsi di Lombok

3. Jokowi pantau rehabilitasi dan rekonstruksi bencana gempa di Lombok

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi para siswa di SMP Negeri 6 Mataram dalam kunjungan kerja, Senin (3/9/2018)KOMPAS.com/ Dok. Humas Pemprov NTB Presiden Joko Widodo saat mengunjungi para siswa di SMP Negeri 6 Mataram dalam kunjungan kerja, Senin (3/9/2018)

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) akan memantau langsung proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok, NTB.

Hal tersebut diungkpakan Jokowi saat memimpin apel siaga di Lapangan Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (3/9/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com