Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Pesilat Peraih Emas Asian Games: Kurang Diperhatikan, Sempat Ingin Pindah Daerah

Kompas.com - 28/08/2018, 19:16 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Trio pesilat peraih emas Asian Games 2018 yakni Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal Mubarok berasal dari Garut, Jawa Barat (Jabar).

Di balik kesuksesan mereka merebut emas, ternyata ada cerita sedihnya. Mereka sempat akan berpindah hati mewakili daerah lain dalam ajang kejuaraan silat tingkat nasional maupun internasional lantaran kurangnya perhatian dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. 

Hal ini diungkapkan oleh pimpinan perguruan silat Putra Siliwangi Taufik Mahmud saat ditemui Selasa (28/8/2018) siang di padepokan putra Siliwangi.

Menurut Taufik yang akrab disapa Kang Opik ini, dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda), sudah banyak yang menawari tiga pesilatnya tersebut untuk berpindah daerah. 

"Bahkan Malaysia pernah menawarkan mereka mewakili Malaysia," katanya.

Baca juga: Birokrat Garut Sambangi TMII, Beri Dukungan Atlet Silat di Asian Games

Tawaran-tawaran yang datang diikuti dengan iming-iming bonus dan fasilitas yang lebih dari perhatian yang diberikan Pemkab Garut. Namun, menurut Opik semua tawaran tersebut tidak diambil oleh para muridnya.

"Ini bentuk kecintaan kita ke tanah kelahiran kita di Garut, walau perhatian pemerintah daerah masih kurang pada anak-anak," katanya.

Kang Opik menyampaikan, selain melatih skill anak didiknya, dirinya juga menempa mental dan karakter anak didiknya agar memiliki rasa cinta tanah kelahiran dan bangsa.

Makanya, dirinya selalu mengingatkan jika mereka sudah mampu meraih prestasi, agar tidak mudah tergoda tawaran pihak lain.

Kang Opik sendiri melihat, saat seorang atlet mampu meraih prestasi, perhatian langsung tumpah kepada sang atlet. Sayangnya, perhatian yang sama tidak didapat pada tempat sang atlet mendapatkan ilmunya.

Baca juga: Rela Tinggalkan Istri yang Mengandung, Mukhib Raih Emas Sepeda Gunung Asian Games

"Kita berharap padepokan juga ikut diperhatikan, karena ini tempat mereka menimba ilmu," jelasnya.

Beri beasiswa Uniga

Soal tawaran main mewakili daerah lain dalam ajang kejuaraan seperti Porda hingga PON kepada atlet-atlet berprestasi dari Garut, juga diakui oleh Ketua KONI Garut Abdusy Syakur Amien. Hal ini terjadi karena daerah lain mampu memberi lebih dari yang didapatkan di daerahnya.

"Tapi untuk atlet silat dari Putra Siliwangi, saya lihat pimpinannya hebat, bisa mempertahankan murid-muridnya agar tak sampai pindah membela daerah lain," katanya.

Baca juga: Kisah Pemain Sepak Takraw Asian Games: Diabaikan KONI hingga Mendaur Ulang Bola Rusak

Menurut Syakur, padepokan silat Putra Siliwangi terbilang hebat, karena semua muridnya tidak ada yang dipungut biaya. Padahal, proses latihan yang dilakukan pastinya perlu biaya yang tidak sedikit apalagi dengan jumlah murid yang tidak sedikit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com