Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Harus Kerja Keras, Cerdas, Tuntas, dan Ikhlas...

Kompas.com - 28/08/2018, 16:31 WIB
Putra Prima Perdana,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bakal Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Uno berbicara di hadapan puluhan pengusaha muda yang tergabung dalam Forum Kahmi Preneur di Paviliun Sunda, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (28/8/2018).

Sandiaga mengaku sangat terkejut melihat antusiasme para wirausahawan baru yang datang ke acara tersebut.

“Semangat kewirausahaan ini saya tampung dan manfaatkan dengan baik untuk memastikan bahwa lapangan pekerjaan bisa dibuka,” kata Sandiaga, Selasa siang.

Baca juga: Aiptu Dodon, Polisi PJR yang Ditembak di Tol Kanci-Pejagan, Akhirnya Meninggal

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengatakan, pemberdayaan dan penambahan wirausaha baru sangat perlu dilakukan. Sebab, menurut dia, lapangan kerja di Indonesia sangat sedikit.

“Sekarang lapangan kerja sulit didapat, jadi fokusnya justru kepada pemberdayaan pengusaha pemula karena pengusaha pemula membuka minimal empat lapangan kerja. Kalau bisa buka 1 juta usaha baru, ada 4 juta lapangan kerja baru,” ungkapnya.

Jika nantinya terpilih menjadi pemimpin negri, Sandiaga berjanji akan mendukung perubahan pola ekonomi sebagai strategi meningkatkan ekonomi.

Baca juga: Sopir Angkot Tiba-tiba Datangi Bawaslu, Minta Izin Bikin Stiker #2019JokowiTetapPresiden

“Saya ingin 15 persen ekonomi kita disumbang oleh ekonomi kreatif. Sekarang masih di kisaran 9 sampai 10 persen. Kami siap untuk mendukung perubahan di pola ekonomi kita yang berpihak kepada penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan UMKM,” jelasnya.

Sandiaga pun memberikan kiat-kiat khusus untuk para pengusaha baru. Menurut dia, ada empat faktor yang membuat setiap wirausaha menjadi maju.

“Harus kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas. Sebagai sebuah entitas bisnis kita ingin membantu pembangunan bangsa dan ingin lapangan kerja terbuka,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com