Prakiraan Curah Hujan Agustus-September 2018, Beberapa Daerah Diminta Waspada

Kompas.com - 24/08/2018, 20:30 WIB
Analisis hujan oleh BMKG. BMKGAnalisis hujan oleh BMKG.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyampaikan prakiraan dan peluang curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Beberapa daerah diminta waspada karena kurangnya curah hujan.

Analisis oleh BMKG ini dibagi setiap 10 hari per satu bulannya, sehingga analisisnya terbagi menjadi tiga periode pada setiap bulan.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com dari Kepala Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko, analisis curah hujan periode III yang diinisiasi pada hari ini, Jumat (24/8/2018), menunjukkan aliran massa udara masih didominasi oleh angin timuran.


Aliran massa udara tersebut terjadi di seluruh wilayah Indonesia kecuali Kalimantan Utara dan Sumatera bagian tengah hingga utara.

Pola siklonik berpeluang terbentuk di perairan barat Sumatera bagian tengah dan perairan Papua Barat.

Belokan angin berpeluang terjadi di Sumatera bagian tengah, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, dan Papua Barat mendukung pembentukan awan hujan di wilayah tersebut.

Berdasarkan indeks monsun dan Madden Julian Oscillation (MJO) terdapat peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar Kalimantan bagian barat, Sumatera bagian tengah, dan Jawa bagian barat.

BMKG menginformasikan, beberapa diminta waspada karena kurangnya curah hujan pada periode III Agustus 2018.

Berikut rinciannya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X