Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucunya Adovo, Bayi Singa Putih Langka yang Lahir di Pasuruan

Kompas.com - 23/08/2018, 11:23 WIB
Caroline Damanik

Editor

PASURUAN, KOMPAS.com - Seekor singa putih lahir di Taman Safari Prigen (TSP), Pasuruan, Jawa Timur. Bayi white lion yang diberi nama Adovo ini kini berusia sekitar tiga minggu.

General Manager Taman Safari Prigen Diaz Yoenadi mengatakan, Adovo lahir dari indukan bernama Meng Meng dan Kaka yang berusia empat tahun.

Meng Meng dan Kaka adalah dua dari empat singa putih yang didatangkan dari China pada Maret 2018.

“Keempat white lion ini berasal dari China. Mereka datang ke Taman Safari Prigen sejak bulan Maret lalu. Rupanya Meng Meng dan Kaka cocok hingga koleksi white lion bertambah satu. Jumlah white lion di TSP saat ini pun ada lima ekor,” katanya.

Baca juga: Harimau Bonita yang Misterius, Bangun Lagi Setelah Ditembak hingga Peluru Petugas yang Terus Mental

Diaz mengatakan, Adovo menjadi kado spesial pada Hari Kemerdekaan RI sekaligus menjadi tolok ukur keberhasilan breeding di TSP.

White lion datang ke TSP pada bulan Maret lalu dari China sebanyak empat ekor. Pada bulan ini, baby white lion lahir. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami sebagai Lembaga Konservasi untuk melestarikan satwa ini,” tambah dia.

Pengunjung bermain dengan bayi Singa putih (White Lion) yang baru lahir bernama Adovo berada di area baby zoo Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (20/8/2018). Anakan singa putih yang lahir pada 27 Juli lalu tersebut menambah koleksi jumlah singa putih di taman Safari Indonesia menjadi lima ekor. ANTARA FOTO/Umarul Faruq Pengunjung bermain dengan bayi Singa putih (White Lion) yang baru lahir bernama Adovo berada di area baby zoo Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (20/8/2018). Anakan singa putih yang lahir pada 27 Juli lalu tersebut menambah koleksi jumlah singa putih di taman Safari Indonesia menjadi lima ekor.

Saat ini, bayi Adovo masih dalam perawatan induknya, Meng Meng, dibantu dengan keeper, paramedis dan dokter hewan. Setiap hari, Adovo menyusu ke induknya, paling tidak hingga berusia sekitar satu tahun.

Sementara itu, Manager Edukasi TSP Eko Windarto menuturkan, betina singa putih bisa disebut dewasa kelamin pada umur 3-4 tahun, sedangkan jantan berusia 4–5 tahun. Masa kebuntingan singa kurang lebih 105 – 115 hari atau 3,5 bulan.

“Singa merupakan satwa nokturnal atau aktif di malam hari dan hidupnya berkelompok. Dalam sekawanan singa terdapat satu pemimpin yaitu singa yang berjenis kelamin jantan. Serta memiliki daerah territorial,” tuturnya.

Baca juga: Ramai-ramai Warga Bersihkan Jeroan Hewan Kurban di Sungai Kulon Progo

Singa putih merupakan sebuah hasil dari mutasi langka yang terjadi pada singa (Panthera leo) yang ditemukan di beberapa konservasi alam liar di Afrika Selatan dan di kebun binatang-kebun binatang di seluruh dunia.

Singa putih bukanlah albino. Warna putih yang dimiliki justru karena gen resesif yang dimiliki sehingga menghambat perkembangan gen warna.

Jantan dewasa biasanya memiliki berat 189 kg - 272 kg sedangkan betina beratnya rata-rata 126 kg. Jantan tinginya 1,2 m, sedangkan betina 1,1 m.

"Populasi dari singa putih ini sendiri kurang lebih 100 ekor di penangkaran dan kurang dari 13 ekor di habitat aslinya sehingga dengan adanya breeding success white lion ini, TSP bisa turut serta melestarikan satwa yang hampir punah. Kami akan kembangkan selanjutnya," pungkas Eko.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Kenalkan, Ini Adovo White Lion atau Singa Putih yang Baru Lahir di Taman Safari Prigen Agustus 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com