Kebakaran Lahan di Pontianak, Aktivitas Perkuliahan Terganggu

Kompas.com - 23/08/2018, 10:04 WIB
Kobaran api yang membakar lahan gambut yang berdekatan dengan pemukiman penduduk di Jalan Purnama II, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (20/8/2018) malam. KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANKobaran api yang membakar lahan gambut yang berdekatan dengan pemukiman penduduk di Jalan Purnama II, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (20/8/2018) malam.

PONTIANAK, KOMPAS.com - Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, bahu-membahu membersihkan bagian belakang gedung kampus yang semakin dekat dengan lokasi kebakaran lahan.

Kebakaran lahan terjadi di Jalan Sepakat II, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (23/8/2018) pagi. Kebakaran di belakang kampus itu terjadi sejak Rabu (23/8/2018). 

Ketua Badan Pengelola Fakultas Farmasi, Nurmainah mengatakan, kebakaran di belakang gedung kampus tersebut sudah sempat dipadamkan pada Rabu kemarin.

Namun, karena jarak yang masih cukup jauh dari kampus serta tidak terjangkau selang dan sumber air, pemadaman dihentikan.

Baca juga: Kebakaran Lahan Dekati Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak

"Dari kemarin memang sudah dipadamkan. Nah itu memang kemarin sudah aman, namun masih ada beberapa titik yang tidak terjangkau selang dan air," ujar Nurmainah, Kamis pagi.

"Karena kemarin pun jauh dari gedung, mereka (petugas damkar) yang padamkan tadi malam pun pulang. Tapi dapat kabar tadi subuh membesar lagi, dan hampir mendekati gedung," tambahnya.

Bahkan, jarak lahan yang terbakar dengan gedung kampus hanya berkisar 20 meter. Saat ini proses pemadaman terus dilakukan di lokasi tersebut.

Pantauan Kompas.com di lapangan, petugas gabungan masih terus berjibaku berupaya memblokade jalur api supaya tidak merembet.

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Lahan di Pontianak

"Sampai sekarang masih proses pemadaman dan sedikit mengganggu aktivitas perkuliahan. Jadi kita gerakkan mahasiswa untuk membersihkan lahan yang belum terbakar, supaya tidak merembet ke gedung kampus," pungkas Nurmainah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X