Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung BJ Habibie Akan Hiasi Jalan Trans Sulawesi

Kompas.com - 21/08/2018, 20:59 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS, KOMPAS.comPatung mantan Presiden BJ Habibie akan segera dipasang di jalan trans Sulawesi, depan Bandara Jalaluddin Tantu, Gorontalo.

Prototipe atau purwarupa patung karya Suwardi dari Yogyakarta itu menggambarkan sosok BJ Habibie yang sedang tersenyum sambil memegang pesawat di tangan kanan.

Patung BJ Habibie ini mengenakan pakaian adat Gorontalo yang biasa disebut takowa. Pakaian ini biasa digunakan oleh tauwa, para pemimpin negeri.

Namun demikian prototipe patung ini mendapat koreksi dari Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, yang juga masih kerabat dekatnya.

Koreksi ini antara lain bentuk wajah yang belum mirip dengan aslinya. Detail pakaian takowa yang dikenakan BJ Habibie juga masih perlu diperbaiki.

Baca juga: BJ Habibie: Usia Saya 82 Tahun, tetapi Otaknya Seperti Usia 28 Tahun

“Pecinya berbentuk lonjong tidak terlipat seperti dalam desain. Di peci ada semacam pita emas yang menandakan bahwa beliau sudah mendapatkan pulanga (gelar adat),” kata Rusli Habibie, Selasa (21/8/2018).

Selain Rusli Habibie, Ketua Dewan Adat Gorontalo, Karim Pateda juga menjelaskan baju takowa itu ada kantong satu di atas, dua di bawah. Ini yang belum nampak dalam desain. Pakaiannya juga ada garis emas vertikal di bagian tengah baju.

Rencananya dalam waktu dekat desain patung tersebut akan dikonsultasikan langsung kepada BJ Habibie, di Jakarta.

Pemerintah bersama pembuat patung akan meminta saran dan masukan sebelum patung tersebut benar benar dibangun.

Kompas TV Jelang pendaftaran Capres Cawapres, Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui BJ Habibie.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com