Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idul Adha, Sapi Sumbangan Jokowi Akan Dibagikan ke Tiga Dusun Ini

Kompas.com - 21/08/2018, 18:14 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada perayaan Idul Adha, Rabu (22/8/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan satu ekor sapi seberat 900 kilogram untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sapi jenis sapi Jawa ini akan disembelih di Dusun Ngetal, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman.

Ketua Takmir Masjid Nurul Huda Ludiman (58) mengatakan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo disambut bahagia oleh seluruh warga. Proses pemotongan akan dilakukan di Dusun Ngetal usai salat ied Idul Adha.

"Sapi dari pak Jokowi ini kan lokal, jadi dagingnya lebih tebal dan padat. Kandungan air di dagingnya juga sedikit saat dimasak," ujar Ketua Takmir Masjid Nurul Huda, Ludiman (58), Selasa (21/08/2018). 

Baca juga: Jokowi Beli Sapi Kurban 1 Ton dari Peternak Lamongan

Menurut dia, rencananya daging dari sapi sumbangan Presiden Joko Widodo ini akan dibagikan di tiga dusun yakni dusun Ngetal, Benteng dan Karang. Dari data, ada 115 kepala keluarga (KK) di Dusun Ngetal, 300 KK di Dusun Beteng dan 200 KK di Dusun Karang.

"Ya kalau nanti mencukupi akan dibagikan di tiga dusun itu. Besok juga ada kurban sapi dan kambing," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Pangan dan Peternakan (DP3) Kabupaten Sleman Husni Siswanto menyampaikan bahwa sapi dari Presiden Joko Widodo berasal dari Cangkringan, Sleman.

"Pemeriksaan dan pengecekan dilakukan sejak di kandang kelompok. Kita lakukan pemeriksaan laboratorium juga, hasilnya negatif penyakit dan dipastikan layak untuk dikonsumsi," pungkasnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menyerahterimakan sapi jenis Jawa dari Presiden Joko Widodo kepada Pemerintah Kabupaten Sleman. Penyerahan dilakukan di Halaman Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (20/08/2018) kemarin. 

Baca juga: Penjual Hewan Kurban Juga Sediakan Hotel dan Salon untuk Perawatan

Kompas TV Apakah kata kurban menggunakan huruf K atau Q? Selengkapnya simak informasinya dalam Selasa Bahasa berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com