Sapi Jokowi di Surabaya Sering Menang Kontes Kecantikan

Kompas.com - 21/08/2018, 16:05 WIB
Sapi kurban sumbangan Jokowi di Masjid Al-Akbar Surabaya. KOMPAS.com/Achmad FaizalSapi kurban sumbangan Jokowi di Masjid Al-Akbar Surabaya.

SURABAYA, KOMPAS.com - Sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo dipajang di halaman Masjid Al-Akbar Surabaya, Selasa (21/8/2018).

Sapi berwarna putih berjenis peranakan ongole (PO) itu menjadi tontonan warga.

Sapi yang dibeli dari Sawiyan, peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan itu terlihat lebih besar dari beberapa ekor sapi yang dipajang di halaman masjid Al-Akbar Surabaya.

Sapi kurban Jokowi diletakkan sejajar dengan sapi kurban milik gubernur Jatim dan wakil gubernur Jatim.

Baca juga: Kesibukan Kampung Tusuk Sate Jelang Idul Adha...

Sapi berusia 4,5 tahun itu memiliki bobot 1 ton 50 kilogram, tinggi badan sapi 152 centimeter, sementara panjangnya mencapai 170 centimeter.

"Sapi ini sering menang kontes kecantikan," kata Sawiyan.

Sawiyan menjelaskan, sapinya dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 56 juta. "Karena yang beli Pak Jokowi, saya kasih murah. Harusnya lebih dari harga itu," tutur Sawiyan.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Wemmi Niamawati mengatakan, sapi milik Jokowi sudah diperiksa kesehatannya oleh tim Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

"Sebelum didatangkan di Surabaya, tim kami sudah memeriksa kesehatannya di tempat peternak. Begitu juga untuk sapi milik gubernur dan wakil gubernur Jatim," katanya.

Sapi kurban gubernur Jatim juga dibeli dari peternak di Lamongan, namun dari Kecamatan Tikung.

Sapi kurban gubernur Jatim memiliki berat 900 kilogram jenis limosin. Sapi bantuan Jokowi dan gubermur Jatim rencananya akan disembelih seusai shalat Idul Adha, Rabu (22/8/2018).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X