Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 7 di NTB Terasa hingga Tiga Kabupaten di NTT

Kompas.com - 19/08/2018, 23:07 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo 7 yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (19/8/2018) malam dirasakan hingga tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan data yang diperoleh Kompas.com dari Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, tiga kabupaten yang diguncang gempa yakni Manggarai Barat, Manggarai dan Sumba Timur.

Di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, gempa dirasakan II Modified Mercally Intensity (MMI).

Sedangkan di Ruteng, Kabupaten Manggarai, getaran gempa dirasakan II sampai III MMI. Sementara itu, di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, dirasakan III sampai IV MMI.

Gempa bumi bermagnitudo 7 kembali mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya, Minggu (19/8/2018). Gempa terjadi sekitar pukul 21.56 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di lokasi 8.28 LS dan 116.71 BT atau sekitar 30 kilometer ke arah timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com